5 Penyebab Mencret dan Cara Menanggulanginya

Cuci Tangan Mengatasi Penyebab Mencret
Kebanyakan orang sudah tahu bahwa penyebab mencret adalah karena bakteri seperti E.coli, Shigella, Salmonella, dan bakteri-bakteri lainnya yang hidup subur di lingkungan yang kotor, baik di rumah maupun lingkungan sekitar. Selain tentu saja apa yang Anda makan sebelumnya. Namun ternyata hal-hal di atas bukan satu-satunya penyebab Anda mengalami diare saja. 

Selain bakteri dan makanan (di mana bakteri tersebut juga bisa bersarang), penyebab sakit mencret sendiri bisa karena:

1. Iritasi usus –terjadi gerakan peristaltik usus yang semakin meningkat, membuat makanan yang seharusnya masih dalam proses pencernaan terdorong keluar.
2. Makan dan minum berlebihan – mungkin apa yang Anda konsumsi itu baik, namun porsi yang berlebih membuat cairan di usus menjadi tak seimbang, mengakibatkan mencret.
3. Alergi – mencret bisa jadi tanda bahwa Anda alergi terhadap makanan tertentu, seperti susu misalnya.
4. Obat – apakah Anda akhir-akhir ini meminum obat yang mengandung pencahar? Ini mungkin yang jadi penyebabnya.
5. Hewan – bakteri yang bersarang di hewan peliharaan Anda masuk ke tubuh, menyebabkan diare.

Jadi, apa yang harus dilakukan ketika diare menyerang? Apa yang bisa dilakukan untuk mencegahnya? Ini yang harus Anda perbuat:

1. Minum oralit
Minumlah oralit sebagai pertolongan pertama. Teguk pelan-pelan, 2-3 kali, berhenti sejenak beberapa menit, baru kemudian meminumnya lagi. Ini akan mencegah Anda muntah setelah meminumnya.
2. Minum
Banyak-banyaklah minum cairan agar tidak dehidrasi, terutama yang mempunyai kandungan glukosa. Minum sup juga bisa menjadi alternatif.
3. Tetap makan
Sebaiknya pilih makanan yang ringan-ringan saja. Hindari makanan yang terlalu berlemak, pedas, atau mengandung stimulan. Selain itu, hindari pula laktosa (biasanya di susu).
4. Konsultasi ke dokter
Jika sudah melebihi 48 jam dan Anda masih mencret, segera hubungi dokter untuk antibiotik.

Penyebab mencret di atas sebenarnya bisa dihindari dengan hidup yang sehat. Anda perlu mengerti makanan yang membuat Anda alergi, menjaga porsi makan, memandikan hewan piaraan Anda secara rutin, dan rajin olahraga. Jangan lupa pula, cuci tangan Anda menggunakan sabun antiseptik seperti Lifebuoy sebelum makan. Jaga kebersihan lingkungan, dan Anda akan aman dari diare.

0 komentar:

Post a comment