Tips Menentukan Sewa Tempat Usaha

Bagi pengusaha yang sedang mengembangkan bisnisnya, menentukan untuk melakukan sewa tempat kerja atau usaha menjadi salah satu keputusan prioritas yang harus dipertimbangkan dengan baik. Hal ini disebabkan karena tempat usaha yang tepat akan mendatangkan keuntungan yang signifikan bagi pengusaha. Dalam menentukan tempat usaha yang tepat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, jarak dari letak tempat usaha tersebut secara hulu ke hilir. Maksudnya, lokasi yang dipertimbangkan untuk disewa harus mudah diakses ke lokasi hulu bisnis, misalnya tempat produksi atau tempat memperoleh barang dagangan, dan mudah dijangkau ke lokasi hilir bisnis, misalnya ke konsumen atau ke distributor yang menjadi perpanjangan tangan. 


Tempat Kerja
Ilustrasi Tempat Kerja



Selanjutnya, perlu juga dipertimbangkan harga sewatempat usaha tersebut. Semakin strategis suatu lokasi, maka harga sewa tempat pun akan semakin mahal. Harga sewa harus dipikirkan dengan baik karena tentu saja akan mengurangi marjin keuntungan pengusaha. Akan tetapi, jika dengan harga sewa yang tinggi dapat menjangkau konsumen jauh lebih banyak, maka harga sewa yang mahal tersebut dapat tertutupi dengan tingginya jumlah penjualan.

Berikutnya, dalam menentukan sewa tempat usaha,tentu perlu mempertimbangkan keberadaan pesaing atas produk yang ditawarkan. Semakin banyak pesaing di lokasi tersebut, maka usaha yang diperlukan untuk menarik pelanggan akan semakin sulit, dan diperlukan inovasi produk yang lebih baik jika tidak ingin bersaing dengan menurunkan harga jual.

Setelah mempertimbangkan hal-hal di atas, diharapkan pengusaha dapat menentukan matriks yang optimal dari jarak hulu-hilir, harga, dan jumlah pesaing dalam menentukan tempat usaha, sehingga diperoleh tempat yang tepat dan mendatangkan keuntungan bagi pengusaha.

0 komentar:

Post a Comment