ISL 2012-2013 Bergulir mulai 5 Januari 2013

ISL 2012-2013

VIVAbola - PT Liga Indonesia akhirnya menetapkan jadwal kick off Liga Super Indonesia (ISL) 2012-2013 pada 5 Januari 2013. Keputusan ini mengacu hasil rapat joint committee dengan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) di Kuala Lumpur, Malaysia, 20 September 2012. 

Dalam rapat tersebut disepakati bahwa kompetisi harus disesuaikan dengan jadwal kongres yang akan digelar sebelum akhir tahun 2012.

"Pertemuan 8 Agustus lalu merencanakan kick off pada November dengan pertimbangan rencana Kongres di September atau Oktober. Tetapi dalam perkembangannya bahkan sampai JC rapat di Kuala Lumpur, belum ada kepastian kapan Kongres akan dilakukan," ujar CEO PT Liga, Joko Driyono dalam jumpa pers, Jumat, 28 September 2012.

Oleh karena itu, PT Liga ambil yang paling save maka diputuskan kick off di 5 Januari 2012. Namun demikian, kata Joko, ada rentetan penting untuk Liga Indonesia terutama 30 Oktober sebagai batas akhir secara definitif bagi klub-klub yang bermain di ISL.
Sementara itu, ISL musim kompetisi 2012-13 akan diikuti tiga pendatang baru, yakni PS Barito Putera, Persita Tangerang, dan Persepam Pamekasan. Ketiganya promosi dari Divisi Utama 2011-12. Sebelum tampil, PT Liga akan memverifikasi  ketiganya. 

"PT Liga selalu melakukan verifikasi kepada klub-klub yang baru promosi. Hal itu akan dilakukan pada interval awal hingga Oktober. Ini untuk memastikan apakah ketiga klub tersebut memenuhi regulasi untuk bermain di ISL," beber Joko.

Menurut Joko, sejauh ini, pihaknya telah melakukan verifikasi awal ke stadion yang akan digunakan Barito, salah satunya adalah Stadion 17 Mei, Kota Banjarmasin. Sedangkan Persita memutuskan untuk menggunakan Stadion di Kuningan. Sementara itu, Persepam, belum mengajukan stadion.
Selain tiga tim promosi, dua tim dari Indonesian Premier League (IPL), yakni Semen Padang dan Persijap Jepara juga dipastikan akan pindah ke ISL. Dengan demikian, ISL musim ini akan dihuni oleh 20 tim. Bergabungnya kedua tim ini baru akan disahkan pada Kongres PSSI yang akan digelar sebelum akhir 2012.
"Surat dari Semen Padang dan Persijap sudah masuk dari dulu. Pada 21 September dilakukan meeting exco untuk meresponnya. Dari 18 klub semuanya sudah setuju 100 persen. Dengan syarat kedua tim harus dilegalisir di level kongres." kata Joko. (umi)

0 komentar:

Post a comment