Smkn 2 Banjarmasin





Visi dan Misi
Visi SMK Negeri 2 Banjarmasin adalah :

Menjadi Lembaga Pendidikan Dan Pelatihan Kejuruan Terpadu Yang Berbasis ICT dan Menuju Sekolah Bertaraf Internasional


Misi SMK Negeri 2 Banjarmasin adalah :

a.Melaksanakan layanan pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat secara efektif dan efesien untuk menghasilkan tamatan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan dalam rangka menuju Sekolah Bertaraf Internasional pada Program Keahlian:
(1)Pekerjaan Sosial
(2)Teknik Komputer dan Jaringan
(3)Multimedia
b.Melaksanakan layanan TPA, PAUD / TK,dan Autis kepada masyarakat sebagai bagian dari laboratorium program keahlian Pekerjaan Sosial.
c.Memberikan layanan jasa pembuatan Program Aplikasi (Web Design), Servis Komputer, Pemasangan Jaringan,dan layanan internet kepada masyarakat (sebagai bagian dari laboratorium TIK).
d.Melaksanakan layanan koneksi internet kepada sekolah-sekolah di wilayah Kota Banjarmasin melalui Jardiknas atau koneksi lainnya (sebagai ICT Center).
e.Menciptakan iklim kerja dan lingkungan kerja yang kondusif.
f.Mengembangkan / membuka program keahlian Broadcasting / Penyiaran.

KOMPETISI KEAHLIAN : 

  1.Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
  2.Perawatan Sosial (Peksos)
  3.Multimedia (MM)
  4.Teknik Broadcasting (BCT)
  5.Animasi (AM)

1.Teknik Komputer & Jaringan
A. Latar Belakang
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam beberapa tahun terakhir sangat pesat. Pesatnya perkembangan ini harus diikuti dengan kemampuan Sumber Daya Manusia yang memiliki kemampuan merancang, mengoprasikan, memelihara dan memperbaiki sistem komputer.
Langkah strategis yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan kesulitan geografis ini adalah dengan memanfaatkan teknologi tersebut sebagai tools dalam proses pembelajaran dan tools manajemen pendidikan, maka penggunaan sistem dengan teknologi Informasi dan Komunikasi Komputer secara multimedia adalah mutlak diterapkan pada dunia pendidikan.
B. Visi dan Misi
Visi program teknisi jardiknas adalah mencetak tenaga IT dalam bidang Komputer dan Jaringan sesuai standar Kompetensi Nasional maupun Internasional, dengan memperhatikan efektivitas dan efisiensi Pendidikan.
Misi program teknisi jardiknas dalam mendukung pencapaian visi tersebut adalah :
1.Mempersiapkan SDM bidang Komputer dan Jaringan berstandar Nasional dan Internasional.
2.Menyediakan pola perkuliahan yang efektif dan efisien sesuai kebutuhan dunia kerja.
3.Menjalin kerjasama dengan pemangku penyelenggara pendidikan guna memastikan validitas dan kesesuaian materi perkuliahan.

C. TUJUAN
1.Mencipatakan tenaga teknisi Komputer dan Jaringan berstandar Nasional dan Internasional.
2.Menciptakan tenaga teknisi Komputer dan Jaringan yang memiliki kemampuan merawat, menjaga dan memperbaiki dengan hasil yang profesional

Sedikit Tambahan Tentang Konsep Program
Salah satu tujuan utama dari program ini adalah menyiapkan tenaga-tenaga yang terampil dalam bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Standar kompetensi yang menjadi acuan adalah Standar Kompetensi Kerja Nasioanal Indonesia (SKKNI) dalam bidang TIK yang dikeluarkan oleh Asosiasi dan Perusahaan yang terkait dalam bidang TIK, Departemen Tenaga Kerja, Departemen Kominfo dan Departemen Pendidikan Nasional. Seluruh standar ini telah melalui konvensi bersama dan dinyatakan sah sebagai sebuah standar dalam bidang masing-masing. Adapun SKKNI yang digunakan dalam program TKJ ini adalah :
1.SKKNI Jaringan Komputer dan Sistem Administrasi
2.SKKNI Computer Technical Support
Program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan adalah program pertama dalam bidang keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi yang digulirkan oleh SMK Negeri 2 Banjarmasin. Tujuan program keahlian Teknik Komputer Jaringan adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam:
1.Menginstalasi perangkat komputer personal dan menginstall sistem operasi dan aplikasi.
2.Menginsgtalasi perangkat jaringan berbasis lokal dan luas
3.Merancang bangun dan mengadministrasi jaringan berbasis luas
Dengan kompetensi ;
1.Menginstalasi PC
2.Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan periferal
3.Melakukan perbaikan dan / atau setting ulang sistem PC
4.Melakukan perbaikan periferal
5.Melakukan perawatan PC
6.Melakukan perawatan periferal
7.Menginstalasi sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface)
8.Menginstalasi sistem operasi berbasis text
9.Menginstalasi software
10.Mem-Back-Up dan Me-Restore software
11.Menginstalasi perangkat jaringan lokal (Local Area Network)
12.Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC yang tersambung jaringan
13.Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang koneksi jaringan
14.Menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis GUI (Graphical User Interface)
15.Menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis text
16.Menginstalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network )
17.Mendiagnosis permasalahan perangkat yang tersambung jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
18.Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang koneksi jaringan berbasis luas (Wide Area Network )
19.Mengadministrasi server dalam jaringan
20.Merancang bangun dan menganalisa Wide Area Network
Materi tambahan :
1.Perawatan dan Perbaikan Peralatan Elektronika
2.Pemanfaatan Aplikasi Multimedia
3.Pemrograman Web Design
Ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan adalah jenis pekerjaan dan atau profesi yang relevan dengan kompetensi yang tertuang di dalam tabel SKKNI Bidang Teknologi Informatika pada jenjang SMK antara lain adalah:
1.Toko Komputer : Teknisi Komputer
2.Perkantoran : Teknisi Komputer
3.Teknisi Jaringan
4.Internet Service Provider (ISP) : Teknisi Jaringan
5.Administrator Jaringan Level 1
6.Administrator Jaringan Level 2 & 3
Dengan memanfaatkan kemampuan, pengalaman dan berbagai peluang yang ada, lulusan Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan juga dimungkinkan mengelola dan atau berwirausaha di bidang Komputer dan Jaringan.

Prestasi - Prestasi
  • Juara I LKS SMK Bidang Lomba IT Networking Support Tingkat  Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2010
  • Peringkat ke 7 Bidang Lomba IT Networking Support Tingkat Nasional di Jakarta Tahun 2010
  • Juara I LKS SMK Bidang Lomba IT Networking Support Tingkat  Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2011
  • Juara Harapan 1 LKS SMK Bidang Lomba IT Networking Support Tingkat Nasional ke XX Tahun 2012.  
  •  
  • 2.Perawatan Sosial
A. Latar Belakang

1. Program Keahlian Tehnologi Pekerjaan Sosial pertama kali dibuka pada tahun 1952 dengan nama Sekolah Pendidikan Kemasyarakatan (SPK). Pembukaannya dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga pembimbing/penyuluh sosial lapangan.

2. Pada perkembangan berikutnya tenaga pembimbing/penyuluh sosial tidak hanya diperlukan di tengah komunitas masyarakat. Akan tetapi juga di lembaga-lembaga pelayanan sosial kemasyarakatan seperti di panti sosial, puskesmas, rumah sakit, lembaga pemasyarakatan, panti rehabilitasi, dan unit-unit pelayanan sosial bagi warga masyarakat yang memiliki permasalahan keberfungsisosialan lainnya. Pada era ini tumbuh program keahlian pekerjaan sosial pengembangan masyarakat, rehabilitasi sosial, koreksional, dan pekerjaan sosial medis.

3. Seiring dengan berkembangnya kondisi dinamis ketenagakerjaan di Indonesia dan perubahan pola kebutuhan masyarakat, dunia industri/dunia kerja, serta semakin luas dan kompleksnya permasalahan kehidupan sosial yang ditandai dengan berubahnya fungsi-fungsi kehidupan keluarga dan relasi-relasi sosial kemasyarakatan telah mendorong tumbuhnya pelayanan jasa pengasuhan sosial anak, pelayanan sosial lanjut usia, pelayanan akses dan kebutuhan pelayanan data/informasi untuk kegiatan riset sosial, social marketing maupun kebutuhan aplikasi kegiatan sosial ekonomi lainnya. Keadaan tersebut menjadi peluang sekaligus tantangan tersendiri bagi program keahlian pekerjaan sosial SMK Negeri 2 Banjarmasin.

4. Menjadi peluang, karena semakin luasnya lapangan kerja yang tersedia, sampai-sampai banyak lulusan dari disiplin ilmu lain baik tingkat menengah maupun lulusan perguruan tinggi berkiprah di bidang pekerjaan sosial. Menjadi tantangan karena pada saat yang sama kondisi sekolah menengah pekerjaan sosial di seluruh Indonesia dan perhatian pemerintah terhadapnya berada pada titik terendah. Hal ini antara lain ditandai dengan menurunnya animo calon siswa, tidak jelasnya penyelesaian standar kompetensi nasional dan kurikulum untuk keahlian pekerjaan sosial serta tidak tersedianya buku-buku pelajaran baru baik untuk reperensi guru maupun buku pegangan siswa.

5. Pada tahun 1997 untuk pertama kalinya program keahlian pekerjaan sosial SMK Negeri 2 Banjarmasin secara swadaya mencoba bangkit dengan membuka unit produksi Taman Pengasuhan Anak Bina Sejahtera. Pendirian unit produksi yang sekaligus menjadi laboratorium praktek ini dimaksudkan sebagai salah satu upaya untuk menjawab kebutuhan masyarakat, menjadi lapangan kerja bagi para lulusan, tempat praktek siswa dan sekaligus sebagai salah satu sumber pendanaan bagi peningkatan kesejahteraan guru dan pengembangan sekolah.

6. Upaya lainnya dilakukan dengan pengurangan lama studi dari 4 tahun menjadi 3 tahun, mengembangkan konsentrasi bidang keahlian pelayanan sosial anak, lanjut usia, terafi sosial/prilaku autisme, memperluas jaringan kerjasama kemitraan dengan perguruan tinggi, LSM lokal dan nasional, asosiasi profesi pekerjaan sosial, asosiasi pendidik/tenaga kependidikan anak usia dini (HIMPAUDI) pemberian bea siswa PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan) serta mencoba mengenalkan program keahlian dengan nama Teknologi Pekerjaan Sosial.

7. Pengenalan nama Teknologi Pekerjaan Sosial tidak semata-mata sebagai startegi pemasaran akan tetapi lebih jauh dari itu sekaligus sebagai penegasan mengenai bidang kompetensi yang ingin dikembangkan untuk lebih fokus kepada penguasaan metoda dan teknik-teknik pendekatan praktis dalam praktek pekerjaan sosial yang secara psikologis maupun teknis profesi mampu diaplikasikan dan dipertanggungjawabkan oleh para lulusan tingkat menengah.

8. Disadari benar bahwa langkah ke arah pembenahan dan pegembangan tersebut tidaklah mudah. Untuk lebih menguatkan tekad bersama     berbekal  potensi lokal, mulai tahun 2006 program keahlian pekerjaan sosial mencanangkan program standar nasional.

B. VISI dan MISI

Visi 2020

Program keahlian pekerjaan sosial menjadi lembaga diklat profesional kejuruan lokal yang handal berstandar nasional/internasional.

Misi

1. Mengembangkan program diklat keahlian pekerjaan sosial yang sesuai dengan potensi dan kebutuhan masyarakat/dunia usaha/industri lokal, nasional dan global.

2. Menjadi mitra nasional/global bagi masyarakat, dunia kerja/industri di Banjarmasin dalam pengembangan program keahlian pekerjaan sosial, pengembangan unit produksi  serta model-model pelayanan sosial

3. Menjadi mitra lokal yang handal bagi lembaga pendidikan dan dunia kerja/ industri nasional/global dalam pengembangan kompetensi, profesionalisme yang sesuai dengan tuntutan potensi/kebutuhan warga masyarakat.

  • 3.Multimedia
TujuanProgramKeahlian Multimedia secara umum mengacupada isi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.Secara khusus tujuanProgramKeahlian multimedia adalah membekalipeserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:
a.mengoperasikan software dan periferal digital illustration, digital imaging, dan web design
b.mengoperasikan software dan periferal multimedia, presentation,2D animation, dan 3D animation
c.mengoperasikan software dan periferal digital audio , digital video, dan visual effects

PROFIL KOMPETENSI LULUSAN
Profil kompetensi lulusan SMK Program Multimedia terdiri dari kompetensi umum dan kompetensi kejuruan, yang masing-masing telah memuat kompetensi kunci. Kompetensi umum mengacu pada tujuan pendidikan nasional dan kecakapan hidup generik, sedangkan kompetensi kejuruan mengacu pada SKKNI.

1.Kompetensi Umum
a.Tuntutan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3
1.Beriman dan Bertaqwa
2.Berakhlak Mulia
3.Sehat
4.Cakap
5.Kreatif
6.Mandiri
7.Demokratis
8.Tanggung Jawab

b.Tuntutan Dunia Kerja/industri
1 Disiplin
2 Jujur

2.Kompetensi Kejuruan
a.Operator WEB
1.Mengoperasikan Pereferal Grafis
2.Melakukan entry data (grafis) dengan image scanner (level 1)
3.Mengoperasikan software pengolah gambar vektor
4.Menoperasikan software pengolah gambar raster
5.Mengoperasikan pereferal WEB
6.Melakukan entry data (web) dengan image scanner (level 2)
7.Mengoperasikan software web design
8.Menoperasikan softare animasi 2 D
9.Mengoperasikan software FTP

b.Operator Multimedia Madya
1.Menoperasikan pereferal Multimedia
2.Melakukan entry data (multimedia) dengan image scanner (level 2 )
3.Mengoperasikan software multimedia
4.Mengoperasikan software persentase (level 2)
5.Mengoperasikan pereferal animasi 3D
6.Mengoperasikan softare basic 3D animation (level 1)
7.Mengoperasikan softare model 3D animation (level 2)

c.Operator Multimedia unggul
1.Mengoperasikan Pereferal perekam suara
2.Mengoperasikan Pereferal perekam gambar
3.Mengoperasikan Software digital Audio
4.Mengoperasikan software digital Video
5.Mengoperasikan software Visual Effect

RUANG LINGKUP PEKERJAAN
Ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan Program Keahlian Multimedia adalah jenis pekerjaan dan atau profesi yang relevan dengan kompetensi yang tertuang di dalam tabel SKKNI Bidang Teknologi Infomatika pada jenjang SMK antara lain adalah:
a.Pengembang WEB (web development)
b.Pengembang Multimedia (multimedia development)
c.Pengembang Permainan (game development)
d.Rumah produksi sinema dan film (production house)
e.Industri media dan periklanan (media and advertisement)


4.Broadcasting
PROGRAM KEAHLIAN PRODUKSI PROGRAM PERTELEVISIAN

Tujuan program keahlian Produksi Program Pertelevisian adalah membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap agar kompeten dalam:
1.    Memelihara dan mengoperasikan peralatan Produksi Program    Pertelevisian
2.    Mengoperasikan kamera untuk pengambilan gambar
3.    Menyiapkan dan mengoperasikan sistem perekam suara
4.    Menyiapkan dan mengatur sistem pencahayaan
5.    Melakukan proses editing
6.    Merencanakan dan melaksanakan produksi program pertelevisian
7.    Melakukan setting artistik

Standar Kompetensi Lulusan SMK
  • Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja
  • Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya
  • Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya
  • Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial
  • Menghargai keberagaman agama, bangsa,  suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global
  • Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif
  • Menunjukkan  kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
  • Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri
  • Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik
  • Menunjukkan kemampuan  menganalisis dan memecahkan masalah kompleks
  • Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial
  • Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan  bertanggung jawab
  • Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya
  • Mengapresiasi karya seni dan budaya
  • Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok
  • Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan
  • Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun
  • Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
  • Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
  • Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis
  • Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris
  • Menguasai kompetensi program keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia kerja maupun untuk mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya.
  •  
5.ANIMASI
Program Animasi baru 1 tahun di laksanakan di SMKn 2 Banjarmasin

0 komentar:

Post a comment