CocoroLife

Mau Beli Asuransi Jiwa? Yuk, Simak Pengertian dan Jenisnya Dulu

 

Asuransi Jiwa Terbaik

Pastinya kamu pernah mendengar mengenai asuransi jiwa, bukan? Namun ketika akhirnya memutuskan mau beli asuransi jiwa, kamu mungkin bingung mana yang harus dipilih sesuai kebutuhan kamu. Biar tidak bingung dan bisa dapatkan asuransi jiwa terbaik, yuk simak dulu apa pengertian asuransi jiwa dan jenis-jenisnya yang sesuai dengan kebutuhan kamu.


Pengertian Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa berdasarkan situs media Kontan adalah salah satu produk asuransi yang memberikan perlindungan atas kerugian finansial atau hilangnya pendapatan seseorang atau keluarga karena kematian ataupun kecelakaan anggota keluarga pemilik asuransi (tertanggung). Bisa disimpulkan, asuransi ini bertujuan untuk menanggung kerugian finansial seseorang dan/atau keluarga yang tidak terduga lantaran tertanggung meninggal dunia (Kontan.co.id).


Jenis Asuransi Jiwa

Agar kamu tidak salah pilih, inilah beberapa jenis asuransi jiwa yang perlu kamu ketahui: 


1. Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life)

Asuransi ini adalah dasar dari sebuah asuransi jiwa. Perlindungan yang diberikan biasanya sesuai dengan jangka waktu yang diinginkan, yakni mulai dari 5 hingga 30 tahun. Asuransi jiwa berjangka yang bagus biasanya menawarkan pertanggungan yang luas dengan premi yang bersaing. Selain uang pertanggungan yang akan diterima, asuransi jiwa berjangka biasanya memiliki manfaat tambahan; mulai dari santunan cacat tetap, pembebasan premi, hingga pertanggungan kredit. Apabila kamu ingin menikmati berbagai keuntungan ini, kamu bisa membeli asuransi tambahan (rider) dengan tambahan biaya premi.


2. Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life)

Berbeda dengan asuransi jiwa berjangka, asuransi jiwa seumur hidup menawarkan perlindungan maksimal sepanjang usia nasabah, dengan batas usia hingga 100 tahun. Apabila kamu ingin memiliki polis asuransi ini, biasanya kamu akan ditawarkan manfaat dampingan berupa dana pensiun, sehingga nasabah bisa mempersiapkan masa tua dengan baik.


3. Asuransi Jiwa Unit Link

Jika ingin sekaligus berinvestasi, asuransi jiwa unit link ini cocok untuk kamu. Nantinya, premi yang kamu bayarkan ke perusahaan asuransi tidak semuanya dipakai untuk membayar biaya asuransi. Akan tetapi, sebagian dana itu diinvestasikan ke beragam instrumen investasi; seperti saham, deposito, atau obligasi.


4. Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment)

Asuransi jiwa dwiguna adalah produk asuransi jiwa dengan manfaat tambahan berupa tabungan. Sebagian premi nasabah produk ini akan masuk ke pos tabungan lalu sisanya untuk manfaat proteksi. Di akhir masa polis, ahli waris akan memperoleh nilai tunai berupa tabungan dan uang pertanggungan.


Demikian pengertian asuransi jiwa beserta jenis-jenisnya. Apabila kamu sudah ada rencana untuk memiliki asuransi jiwa, pastikan juga yang sesuai dengan budget kamu, ya!

0 komentar:

Post a Comment