Apa Itu Kebugaran Jasmani

 

Kebugaran Jasmani

Aktifitas fisik sangat berkaitan erat dan berpengaruh pada kebugaran jasmani. Lalu, apa itu kebugaran jasmani? Kebugaran jasmani (physical fitness) adalah upaya tubuh menyesuaikan diri dengan beban fisik yang diterima akibat aktifitas sehari-hari tanpa rasa Lelah berlebih. Semakin tinggi tingkat kebugaran jasmani seseorangan, semakin bagus pula kemampuan kinerja fisiknya. Manfaatnya, tubuh tak mudah Lelah & mobilitas harian tak terhambat.


Ada beberapa kebiasaan yang bisa menurunkan kebugaran jasmani. Salah satunya adalah terlalu sering begadang. Selain itu, sering nonton TV atau menghabiskan waktu di depan layar computer maupun HP juga berpotensi menurunkan tingkat kebugaran tubuh.


Kebugaran jasmani sendiri memiliki beberapa tujuan. Tujuan pertama adalah meningkatkan stamina, kecepatan, dan kelenturan. Selain itu, kebugaran jasmani juga bisa meningkatkan prestasi, khususnya bagi olahragawan. Kemudian, tujuan lainnya adalah meningkatkan sistem saraf, fungsing jantung, dan sirkulasi darah. Lebih dari itu, kebugaran jasmani juga dapat mempercepat pemulihan organ tubuh pasca Latihan fisik maupun kondisi tertentu seperti pasca sakit atau melahirkan. Satu lagi, kebugaran jasmani juga bertujuan merangsang tumbuh kembang balita & anak.


Kebugaran Jasmani untuk Kesehatan Fisik & Mental

Bukan hanya untuk Kesehatan fisik, kebugaran jasmani ternyata juga bermanfaat untuk ksehatan mental. Kebugaran fisik bertujuan meningkatkan daya tahan, keseimbangan, dan kelenturan tubuh, serta melatih kekuatan otot.


Fisik yang bugar bisa menurunkan resiko berbagai penyakit, serta membakar kalori. Jika dilakukan rutin dengan intensitas tepat, tubuh akan terhindar dari rasa Lelah berlebih, bahkan cidera.


Untuk Kesehatan mental, kebugaran jasmani bisa meningkatkan suasana hati dan mengurangi stress bahkan depresi. Latihan kebugaran fisik bisa membuat produksi hormone endorphin menungkat sehingga perasaan Bahagia & emosi positif meningkat.


Kalian juga bisa mengalihkan pikiran negative sehingga terhindar dari stress. Dengan tingkat kebugaran fisik yang baik, seseorang cenderung punya Kesehatan mental & emosi lebih baik. Hal inilah yang bisa mengurangi resiko gangguan mental.


Unsur-unsur Kebugaran Jasmani & Jenis Latihannya

Untuk kebugaran jasmani yang maksimal, ada beberapa unsur yang harus dilatih:


Kekuatan

Contoh latihan: push-up, back-up, dan sit-up.


Daya tahan

Contoh Latihan: jogging dan lari.


Daya otot

Contoh Latihan: angkat beban.


Kecepatan

Contoh Latihan: lari sprint.


Kelenturan

Contoh Latihan: senam, renang, dan yoga.


Kelincahan

Contoh Latihan: squan jump dan lari naik-turun tangga.


Koordinasi

Contoh Latihan: memantulkan bola tenis ke tembok dengan tangan kiri dan menangkapnya dengan tangan kanan, atau sebaliknya.


Keseimbangan

Contoh Latihan: berdiri jinjit, melakukan sikap lilin, atau mengangkat satu kaki ke belakang.


Ketepatan

Contoh Latihan: basket, memanah, bowling, dan sepak bola.


Reaksi

Contoh Latihan: basket

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani dipengaruhi oleh beberapa faktor:


Pola istirahat

Istirahat cukup membantu pemulihan tubuh setelah beraktifitas.


Usia

Penurunan konisi fisik akibat faktor usia bis dilihat dari kekuatan otot, kecepatan, dan daya tahan jantung.


Pola makan

Pola makan yang baik dengan asupan bergizi membantu membentuk sel & mengatur setiap proses dalam tubuh.


Olahraga

Dengan porsi yang cukup olahraga fisik bisa mengurangi resiko cidera saat berkegiatan.


Tips Mendapatkan Kebugaran Jasmaniyang Optimal

Setelah mengetahui apa itu kebugaran jasmani dan manfaatnya, kalian harus tahu cara mendapatkan kebugaran fisik ini. Selain menjaga berat badan, kebugaran fisik juga bisa mengendalikan kadar gula darah, mengurangi resiko penyakit kardiovaskular, mengurangi stress & depresi, meningkatkan energi, dan menyehatkan sistem kerja otak. Selain berolahraga secara teratur, minum Anlene secara rutin juga dapat meningkatkan kebugaran jasmani. Pasalnya, Anlene sangat bagus untuk Kesehatan tubuh, terlebih untuk tulang, otot & sendi.


Deskripsi: Apa itu kebugaran jasmani? Kebugaran jasmani adalah upaya tubuh menyesuaikan diri dengan beban fisik yang diterima akibat aktifitas sehari-hari tanpa rasa Lelah berlebih.

0 komentar:

Post a Comment