NEX Data Center Indonesia dari PT CBN Nusantara


Nex Data Center Indonesia Server


Nex Datacenter merupakan salah satu industri di Indonesia yang bergerak memberi penawaran data center ataupun collocation server. Pusat data yang berlokasi di Jakarta ini telah mendapatkan kepercayaan cukup lama untuk memberikan pelayanan infrastruktur pusat data baik itu layanan lokal maupun internasional. Anda dapat terkoneksi dengan provider-provider dari dalam maupun luar negeri melalui industri data center semacam ini.

Bagi Anda yang masih asing dengan industri semacam ini, pasti akan bertanya-tanya apa sebenarnya fungsi keberadaan dari datacenter sangat penting bagi masyarakat. Tentu semua yang diciptakan mempunyai fungsi yang cukup vital bagi pertumbuhan aktivitas masyarakat, tak terkecuali NEX Datacenter yang mulai sepak terjangnya beberapa tahun silam. Banyak perusahaan besar juga sudah mulai mempercayakan kinerja layanan pusat data ini, karena dinilai punya operator telekomunikasi maupun interkoneksi ISP yang beragam.

Pusat data semacam NEX data center Indonesia terdiri dari komponen pendukung sistem telekomunikasi, data penyimpanan, dan yang pasti sistem komputer. Selain itu, telah disediakan beberapa data redundan, catu data cadangan, kontrol keamanan, dan kontrol lingkungan. Dengan begitu, setiap perusahaan yang memutuskan memakai layanan semacam ini akan memperoleh manfaatnya.

Sebenarnya fungsi dari NEX Datacenter bisa diuraikan menjadi 2 bagian. Masing-masing dari fungsi data center terkait dengan model layanan yang diberikan. Pemilihan data center dapat Anda perhatikan secara saksama. Nah, untuk lebih jelaskan Anda bisa perhatikan pembahasan fungsinya berikut ini :

·         Fungsi Corporate Data Center
Fungsi satu ini dapat digunakan untuk mendukung semua fungsi bisnis baik yang menggunakan layanan intranet ataupun internet.

·         Fungsi Internet Data Center
Berbeda dari yang sebelumnya, fungsi ini hanya terkait untuk memberikan dukungan pada aplikasi internet. Service Provider menjalankan sistem operasi dengan pengecualian yang sudah punya bidang bisnis internet commerce.

Pembangunan pusat data tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Sudah ada aturan yang dipakai untuk pedoman pendirian bangunan guna dipakai sebagai pusat data. Bangunan yang bisa dipakai hanya yang sudah teruji sesuai syarat sipil bangunan. Diantara syarat yang harus dipatuhi yaitu tidak mudah roboh ketika terjadi gempa. Memang ini terlihat sangat rumit, tetapi ini demi keamanan data yang telah diserahkan. Nah, tak hanya itu saja karena Anda harus memahami pembagian setiap levelnya.

Pusat data terdiri dari beberapa level yang perlu Anda ketahui. Level pertama Tier 1, yaitu digunakan ketika resikonya masih berada di skala kecil dan menggunakan redundant component. Level kedua Tier 2, yaitu dapat digunakan dengan skala besar. Selain itu juga memakai Single Path Power ataupun cooling distribution dengan rebundant component (N+1). Level ketiga sekaligus terakhir, yaitu dipakai oleh perusahaan besar karena skalanya juga cukup besar. Tipe ini menampilkan Dua Power dan Cooling Distribution Part dengan rebundant (N+1). Tipe ini juga akan memberikan Multiple Uplinks. Terakhir ada tipe Tier 4 yang biasanya juga digunakan secara skala lebih besar. Untuk komponennya tidak jauh berbeda dengan tipe Tier 3, hanya saja ada penambahan Multiple Active Uplinks, Chiller, HVAC Sistem, dan storage.

Itulah beberapa pembahasan mengenai NEX data center Indonesia yang penting  bagi Anda untuk menambah wawasan mengenai sistem semacam ini. Semoga saja sedikit pembahasan ini dapat menjawab sedikit rasa penasaran Anda tentang Pusat Data. Sebagai pelanggan Anda juga berhak melakukan troubleshoot pada server yang sedang mengalami masalah.

0 komentar:

Post a comment