5 Perbedaan Matcha dan Green Tea

Perbedaan Matcha Dan Grean Tea

Apakah perbedaan matcha dan green tea? Buat Anda yang menyukai minuman teh, pastinya greentea tidak asing di telinga Anda. Lalu bagaimana dengan matcha? Matcha adalah teh hijau yang berasal dari Jepang dan berebtnuk bubuk.

Sebenarnya matcha dan greentea sama-sama berasal dari tehhijau. Tapi ada perbedaan dari kedua jenis teh hijau yang membuat matcha tidak bisa disamakan ratakan dengan greentea. Mau tahu apa saja perbedaanya?  Berikut pemaparanya di bawah ini!

Matcha
Umumnya matcha disajikan berbentuk bubuk teh. Jadi Anda bisa meminum matcha dan ampasnya karena sudah menjadi bubuk yang halus. Selain diseduh menjadi minuman, matcha juga sering dipakai untuk bahan pelengkap dalam membuat kue, puding, dan lain-lain. Matcha mengandung kafein, poliphenols, antioksidan, dan L-Theanine yang lebih banyak daripada teh hijau biasa. Jadi jangan heran kalau matcha bagus untuk diet.

Greentea
Greentea adalah teh hijau yang diproses dengan pengolahan teh pada umumnya. Greentea awalnya berbentuk potongan teh yang dikeringkan dahulu. Sehingga bila anda seduh, maka akan tersisa bekas ampas di bagian dasar gelasnya. Beberapa ampas teh hijau ada yang bisa dimakan, tetapi kebanyakan tidak layak untuk dikonsumsi secara langsung. Jika matcha menghasilkan air yang lebih hijau warnanya, berbeda sekali dengan warna greentea yaitu lebih hijau kekuning-kuningan.

Anda pasti sudah paham apa itu matcha dan apa pula greentea. Saatnya artikel ini membahas perbedaan antara kedua teh hijau berikut :

-          Matcha berbentuk bubuk  Sedangkan greentea ialah berebntuk potongan  daun teh.
-          Pada saat the diseduh, greentea menyisakan ampas tetapi matcha tidak menyisakan sedikitpun.
-          Air hasil seduhan matcha lebih berwarna kehijau-hijauan. Akan tetapi warna air seduhan the hijau lebih hijau kekuning-kuningan. 
-          Matcha bisa diminum dengan bubuknya yang halus. Tapi tidak wajar jika meminumnya sekaligus memakan ampasnya juga.
-          Berbeda dengan greentea, matcha digunakan sebagai bahan pembuat kue, bakery, es krim, dan makanan lainnya.
-          Matcha menadung  kafein, antioksidan, poliphenols, dan L-Theanine yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis greentea.

Dan perlu anda ketahui harga matcha lebih mahal ketimbang harga greentea, baik yang masih berbentuk mentah maupun yang sudah diolah.

0 komentar:

Post a comment