Aplikasi Desain Grafis untuk Pemula

Desain Komunikasi Visual Gambar Aplikasi Editing
 
Di era kemajuan teknologi informasi dan komunikasi seperti sekarang kita dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan tersebut dengan setidaknya menguasai secara dasar apa saja manfaat dan kegunaan dari kemajuan itu. Salah satu dari perkembangan tekonologi yang sekarang kita rasakan manfaatnya bersama adalah hadirnya berbagai alat komunikasi dan informatika seperti komputer, laptop, handphone, smartphone, dan sebagainya. Di dalamnya terdapat ribuan manfaat langsung yang sangat berguna bagi kehidupan, terutama setelah hadirnya internet di tengah-tengah kita.

Dalam dunia komputer kita sering mengenal istilah desain grafis atau dunia animasi, tempatnya gambar, grafik dan sebagainya. Desain grafis merupakan salah satu dari manfaat penting dari kehadiran komputer di mana ia berguna menampilkan foto bahkan sampai dalam hal percetakan. Sebagai orang yang hidup di masa kini, kita paling tidak seharusnya mengenal hal-hal dasar mengenai desain grafis ini. Desain grafis merupakan hasil olahan komputer berupa desain komunikasi visual yang sudah berbentuk sedemikian rupa. Dan dalam pengolahan gambar ini ada beragam aplikasi yang tersebar dan juga tutorialnya. Berikut ini ada beberapa aplikasi untuk kamu bisa belajar mengetahui lebih jauh tentang desain grafis, yaitu:
 
1.    PhotoshopPhotoshop sudah menjadi aplikasi yang familiar  dan menjadi standar dalam industri desain grafis saat ini. Melalui kelengkapan tool dan fasilitas edit, berbagai kalangan profesional mampu menghasilkan karya yang luar biasa dan manipulasi foto dengan hampir sempurna melalui aplikasi ini.
 
2.    Adobe IlustratorAplikasi ini dirancang khusus dalam rangka pembuatan desain vektor. Melalui aplikasi ini biasanya banyak orang mempercayakannya untuk membuat logo, karakter animasi, atau segala hal mengenai ilustrasi desain vektor. Aplikasi ini untuk gambar bebasis vektor sangat membantu, ia mampu membuat berbagai bentuk shape dari karakter yang bakal kita olah nantinya. Pekerjaan desain vektor menjadi semakin mudah dengan hadirnya aplikasi Adobe Ilustrator tersebut. Tidak hanya itu, bagi kamu yang sudah memiliki kemampuan dalam bidang photoshop, kamu mampu membuat karya yang lebih menawan dengan memadukannya bersama Photoshop untuk mempercantik efek visual.
 
3.    GimpBarangkali untuk pengguna anda pengguna windows aplikasi ini tergolong asing. Ya memang karena aplikasi ini sangat populer hanya di kalangan pengguna Linux, karena memang aplikasi ini sifatnya gratis dan open source. Namun sekarang, gimp juga merambah aplikasinya tidak hanya untuk Linux saja, tetapi juga dihadirkan kepada Windows dan Mac OSX.
 
4.    KritaIni juga aplikasi yang tergolong masih asing,karena tak banyak orang yang tahu. Aplikasi ini mempunyai interface atau tampilan muka yang mirip dengan aplikasi Adobe Photoshop CC. Krita lebih difokuskan untuk melakuakan aktivitas menggambar, tetapi juga bisa digunakan untuk mengedit foto. Kelebihan dari aplikasi Krita adalah ia juga bisa melakukan aktivitas gambar vektor sebagaimana yang dilakukan aplikasi Adobe Illustrator.

0 komentar:

Post a comment