Mahasiswa IPB Mengubah Rayap Menjadi Permen

Mahasiswa IPB
Dikenal sebagai kampus yang penuh prestasi tak membuat IPB (Institut Pertanian Bogor) puas. Hal ini mereka buktikan dengan terus membuat inovasi dan prestasi di segala bidang. Tak hanya berkonsentrasi pada bidang pertanian saja, tetapi juga berkonsentrasi pada prestasi bidang lain. Salah satu prestasi membanggakan yang diukir oleh mahasiswa kampus ini adalah mengubah rayap menjadi permen. Tentu mendengarnya saja akan membuat kaget dan heran semua orang. Lantas bagaimanakah permen rayap buatan mahasiswa IPB ini? Bagaimana kandungan gizi di dalamnya? Daripada penasaran lebih baik baca informasi berikut ini.

Rayap sering kali dianggap sebagai hewan pengganggu karena keberadaannya bisa membuat kayu yang semula kokoh menjadi rapuh. Namun ditangan mahasiswa Institut Pertanian Bogor rayap diubah menjadi panganan enak dan bergizi. Namanya adalah permen rayap. Ide ini muncul ketika salah satu dosen kampus tersebut mengemukakan jika rayap mengandung protein tinggi, karbohidrat dan lemak yang baik sekali untuk kesehatan tubuh manusia.

Setelah melalui beberapa riset akhirnya mahasiswa IPB bisa membuat rayap yang awalnya menjijikkan menjadi permen dengan rasa manis dan memiliki gizi tinggi. Mereka mengemukakan untuk membuat permen rayap ini juga tak susah. Pertama tubuh rayap dihancurkan dan diambil kandungan proteinnya. Lalu ditambahkan dengan beberapa zat yang berfungsi untuk memberikan rasa manis serta memberikan aroma makanan agar aroma rayap bisa hilang. Setelah itu bahan-bahan tersebut dimasak hingga matang. Kemudian setelah melalui proses yang cukup panjang, steril dan rumit akhirnya permen rayap siap untuk dikonsumsi.

Tak perlu khawatir atau jijik ketika akan mengkonsumsinya. Karena dijamin permen rayap buatan mahasiswa IPB (Institut Pertanian Bogor) ini tak terlihat jika terbuat dari rayap. Diharapkan setelah mengetahui manfaat rayap ini masyarakat tidak menganggap rayap sebagai hewan pengganggu. Melainkan menganggap rayap sebagai hewan yang bermanfaat dan memiliki nilai jual ekonomis yang tinggi. Harapannya semoga pemerintah juga ikut mendukung dalam pengembangan bisnis permen rayap ini. Demikian informasi ini dan semoga bisa menjadi inspirasi untuk Anda.

0 komentar:

Post a comment