CocoroLife

Suara Sangkakala Dari Langit, Video


Updatenya.com - Video YouTube yang menyuguhkan suara trompet misterius di Amerika Serikat memicu kehebohan, tak terkecuali di Indonesia. Banyak yang mengaitkannya dengan kiamat, tetapi juga banyak yang meragukannya.

Sejumlah pemberitaan berupaya menjelaskan tentang sebab suara yang diklaim mirip sangkakala tersebut. Dengan mengutip berbagai sumber, beragam berita menjelaskan bahwa suara itu adalah hum, suara misterius yang dihasilkan bumi. Benarkah demikian?

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin mengungkapkan, ada hal-hal mendasar yang harus dipahami tentang hum sebelum mengaitkannya dengan suara trompet yang bikin heboh itu.

"Hum umumnya kejadiannya terus-menerus di satu daerah dan frekuensinya rendah sehingga hanya sedikit saja orang yang bisa mendengarnya. Hanya orang-orang yang pendengarannya peka," kata Thomas.

Suara hum, jika terdengar, hanya seperti dengungan. "Seperti suara mesin yang menyala di tempat yang jauh, antara ada dan tidak ada bunyinya," kata Thomas saat dihubungi Kompas.com, Jumat (29/5/2015).

Membandingkan dengan hum yang dikenalnya, Thomas mengungkapkan, suara trompet yang beredar di video YouTube belakangan ini terdengar sangat keras. Ia mengatakan, suara trompet yang dihebohkan dan hum "adalah dua hal yang berbeda".

Lalu, apa suara mirip trompet itu? Thomas mengatakan, suara itu tak mungkin dari luar angkasa sebab di sana tak ada udara untuk mengantarkan bunyi. Suara itu juga tak mungkin berasal dari dalam bumi. Suara dari dalam bumi berfrekuensi rendah dan tak mirip trompet.

Jikapun punya sumber alami, Thomas mengungkapkan bahwa suara itu mungkin berasal dari interaksi antara angin dan obyek seperti daun dan ranting. "Kalau tutup botol kita tiup saja bisa menghasilkan suara seperti peluit," katanya.

Kemungkinan lain, suara itu sebenarnya adalah suara sekitar. "Karena kalau kita lihat semua video dan rekaman suara dari berbagai daerah, suaranya berbeda-beda. Ada yang mirip trompet, ada yang mirip jet tempur," kata Thomas.

Sementara itu, Profesor Fisika Yohanes Surya lewat akun Facebook-nya, Rabu (27/5/2015), memiliki penjelasan hampir sama. Suara itu, katanya, tak mungkin berasal dari langit dan kemungkinan besar tidak misterius. 

"Sebagian mungkin berasal dari kejadian alamiah di atmosfer bumi seperti kilat atau guntur. Tapi, bisa juga bunyi tersebut terjadi ketika ada gas yang hendak keluar dari celah-celah bumi (seperti 'kentut' bumi)," ujarnya.

Namun, Thomas dan Yohanes mengungkapkan, bukan tidak mungkin suara itu sengaja dibuat. Tahun 2012, mahasiswa dari Kanada mengunggah video yang diklaim merupakan rekaman suara misterius di YouTube. Setelah dilihat 140.000 orang, ia mengaku suara misterius dalam video itu palsu.

Berikut Video yang menyuguhkan suara "Sangkakala" itu.





Kemunculan Awan aneh setelah suara misterius sangkakala




Seperti yang dilansir ABC30, foto yang diambil oleh M Davis menunjukkan sebuah awan aneh yang berputar dan bergerak ke beberapa titik di area tersebut. Menurut berbagai sumber yang ada, awan aneh ini juga dikenal sebagai awan lenticular. Dengan bentuk seperti awan yang berputar, fenomena alam ini sukses membuat gempar netizen.

Shelby Latino, seorang meteorologist ABC30 AM Live, menjelaskan kalau awan itu adalah awan biasa yang berada di sekitar gunung. Pada titik ini, udara ditekan ke atas dan menjadi dingin yang kemudian membentuk sekumpulan awan aneh.

Ilmuwan atmosfer dari Universitas Melbourne, Todd Lane mengatakan awan lenticular ini bisa terbentuk melalui badai atau suhu dingin yang berpindah-pindah arah. Texas dan Oklahoma sendiri sudah dilanda badai dahsyat dan hujan deras selama seminggu, yang menewaskan sekitar 16 orang.

"Inti dari badai adalah gerakan ke atas, dan ketika ada curah hujan maka gerakannya menjadi ke bawah. Gerakan ke atas dan ke bawah ini mengakibatkan gelombang atmosfer, yang mengakibatkan munculnya awan lenticular," katanya beberapa waktu lalu.

Meski tidak berbahaya, namun fenomena alam ini selalu dihubung-hubungkan dengan peristiwa yang tidak logis. Seperti fenomena alien atau UFO yang sampai saat ini masih menjadi tanda tanya bagi manusia.

Lalu bagaimana dengan suara misterius mirip sangkakala tersebut? Apakah ada hubungannya? Yang pasti fenomena alam ini hanya segelintir dari keajaiban-keajaiban Tuhan.

0 komentar:

Post a Comment