Kapan Awal Puasa Ramadhan 2013 1434 H

Kapan Awal Puasa Ramadhan 2013 1434 H

Hari pertama puasa Ramadhan tahun 1434 H jatuh pada Selasa, 9 Juli 2013. Demikian yang sudah ditetapkan oleh Muhammadiyah berdasarkan hisab organisasi muslim tersebut. Bagaimana dengan keputusan MUI? Sama atau berbeda?

“Pimpinan Pusat Muhammadiyah sudah menyepakati bahwa 1 Ramadan jatuh pada 9 Juli,” kata Nadjib Hamid, Sekretaris Pimpinan wilayah Muhammadiyah Jawa Timur. Keputusan ini diambil Muhammadiyah setelah hisab yang dilakukan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Tidak hanya menentukan hari pertama Ramadhan 1434 H, Muhammadiyah juga sudah menetapkan 1 Syawal 1434 Hijriyah jatuh pada Kamis Wage, 8 Agustus 2013. Penetapan ini tersampaikan dalam No.04/MLM/I.0/E/2013 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal dan Dzulhijah 1434 H yang dirilis pada 23 Mei 2013 dan ditandatangani oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal MUI, Amirsyah Tambunan, seperti dilansir oleh Metro TV pada Kamis, 13 Juni 2013 juga menyatakan bahwa awal bulan puasa akan jatuh pada Selasa, 9 Juli 2013. Penetapan MUI ini didasarkan dengan suara mayoritas organisasi Islam di tanah air untuk menentukan hari pertama bagi umat Islam menyambut Ramadhan.

Sebelumnya, mungkin saja ada potensi perbedaan penetapan tanggal berapa Ramadhan dimulai, mengingat metode yang digunakan beberapa organisasi yang berbeda. Meskipun demikian, andaipun perbedaan itu ada, sama sekali tidak memengaruhi kesatuan umat Islam di tanah air.

Amirsyah juga melandaskan harapannya bahwa tidak ada kelompok yang memiliki penetapan berbeda mengenai hari awal puasa.  Muncul pula harapan agar pemerintah segera mengumumkan penetapan ini kepada publik. Dengan demikian, umat Islam dapat segera memfokuskan diri untuk menyambut bulan yang penuh berkah ini.

Foto: islamicarticles.wordpress.com

0 komentar:

Post a Comment