Teknik Untuk Menghadapi Ulangan Semester Atau Ulangan UMUM Orang Muslim

Teknik Untuk Menghadapi Ulangan Orang Muslim-Tentunya seorang Muslim harus bertawaqal kepada Allah SWT Serta berusaha bersungguh-sungguh dalam belajar. Cara ini dapat digunakan oleh siapa pun tak terkecuali non muslim.

belajar kunci sukses

Tentunya kalian akan segera melaksanakan ulangan tengah semester dalam beberapa hari atau beberapa minggu lagi Seperti saya yang tengah duduk di bangku X TKJ B SMKn 2 Banjarmasin yg senin ini mulai melaksanakan ulangan semester.
Sebagai seorang muslim kita harus melaksanakan ulangan secara jujur tentu dengan usaha yang lebih lagi agar mendapatkan nilai yang baik, yang bisa kita pamerkan kepada kawan, lawan, guru, dan orang tua kita yang akan merasa bangga akan itu, mungkin jangan di pamerkan agar tidak terjadi sesuatu.

Berikut 10 Cara Muslim Menghadapi Ulangan :

1. Niat
Tancapkan di hati kamu niat yang sungguh-sungguh untuk menghadapi ulangan.

 Karena tanpa niat yang kuat, belajar pun akan malas dan uring-uringan.

2. Berdoa
Sebelum memulai belajar, hendaklah kamu berdoa dengan sungguh-sunguh. 

Berdoa agar kamu bisa belajar dengan tenang, mengerjakan soal dengan rileks,
 dan menyelesaikan semua masalah dengan mudah.

3. Motivasi
Tumbuhkan di hati kamu motivasi yang kuat dalam menghadapi ulangan. Misalnya

 motivasi ingin mendapat nilai bagus, ingin menjadi juara kelas, ingin mendapat hadiah,
 dan lain-lain. Anggaplah semua itu menjadi pendorong untuk memacu semangat belajar kamu.

4. Semangat belajar
Rasanya tidak ada rahasia lain untuk bisa sukses menghadapi ulangan/ujian selain semangat belajar. Pacu semangat belajarmu dari sekarang, jangan malas-malasan. Jangan menganut sistem SKS, atau Sistem Kebut Semalam. Kamu akan pusing sendiri. Belajarlah dari jauh-jauh hari sebelum menghadapi ulangan.

5. Membuat Prediksi
Setiap akan menghadapi ulangan, sebaiknya kamu membuat prediksi kira-kira soal seperti apa yang akan muncul. Kira-kira bentuknya seperti apa, soal dari luar buku atau soal dari dalam buku paket. Kamu perlu cermat dalam memprediksi soal-soal yang kira-kira akan muncul.

6. Inovasi
Buatlah latihan soal sebanyak-banyaknya yang materinya diambil dari contoh-contoh soal yang telah dipelajari sebelumnya baik dari buku atau dari guru. Semakin banyak latihan soal-soal yang dikerjakan maka semakin siap pula kamu menghadapi ulangan. Perbanyaklah variasi soal-soal yang disajikan agar kamu lebih skiap menguasai soal-soal dalam bentuk apapun.

7. Meditasi
Pada saat menghadapi ujian/ulangan kamu memerlukan pertolongan Allah disamping usaha kamu sendiri dengan belajar yang baik. Bagaimana caranya agar Allah menolong kamu dalam menghadapi ujian/ulangan? Tidak lain dan tidak ada cara lain adalah dengan berdoa. Perlengkapi diri dengan doa sebelum mengerjakan soal. Berdoalah dengan khusuk dan sungguh-sungguh agar Allah mengabulkan doa kamu.

8. Relaksasi
Setelah berdoa, cobalah renggangkan otot-otot dan sebagian dari tubuh kamu dengan pemanasan ringan. contohnya: geleng-gelengkan kepala, kanan-kiri, atas-bawah lalu putarkan leher kita. Gerakkan punggung kita dengan menoleh ke belakang bergantian ke kanan dan ke kiri syukur-syukur sampai berbunyi "kreeek". Pijatlah dahi kamu dengan cara menggosoknya dengan jari-jari ke arah kening secara lembut. Gerakan lain silakan sesuaikan dengan keinginan kamu.

9. Konsentrasi
Begitu kertas soal telah dibagikan, konsentrasikan pikiran kamu khusus kepada soal yang akan kamu kerjakan. Dilarang memikirkan yang lain misalnya mikir makan, jajan, masalah di rumah, utang dan lain-lain

10. Revisi
Setelah semua soal telah selesai dijawab, periksa kembali secara teliti dari awal sampai selesai selagi waktu masih ada. Jangan terburu-buru diserahkan kepada guru pengawas. Periksa kembali seluruh jawaban siapa tahu ada yang salah, keliru atau kurang lengkap.


Jangan cuma di Baca tetapi juga di praktekan agar lebih berguna...

2 komentar: