Indonesia Vs Brunei Darussalam 5-0: Hasil Piala AFF U-19

Indonesia Vs Brunei Darussalam 5-0: Hasil Piala AFF U-19

Updatenya, Sidoarjo - Timnas Indonesia U-19 berhasil memenuhi target menang telak atas Brunei Darussalam pada laga perdana Piala AFF U-19 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Selasa (10/9/13).

Indonesia menang 5-0, masing-masing dicetak Ilham Udin dan Muchlis (dua gol), dan satu dari Al-Qomar.

Tanpa mengecilkan Brunei, tim yang dihadapi pertama ini dipandang sebagai tim terlemah dibandingkan tim lain di Grup B, yakni Thailand, Vietnam, Malaysia dan Myanmar. Karena itu, skuad Indonesia mencanangkan target menang telak.

Pelatih Indra Sjafri menurunkan formasi 4-3-3 dengan trio Maldini, Muchlis dan Ilham Udin. Di lini tengah, kapten Evan Dimas mengatur serangan.

Kubu Brunei Darussalam di bawah besutan pelatih Dayem Haji Ali menurunkan formasi 4-4-2 dengan duet penyerang Abdul Azim dan Faiq Jefri.

Jalannya pertandingan:

Evan Dimas dkk mengawali laga dengan percaya diri. Lini tengah mengembangkan penguasaan bola lewat umpan-umpan pendek cepat. Serangan terkonsentrasi lewat sayap kiri dan kanan.

Tembakan ke gawang tercipta pada menit keenam lewat tendangan bebas Hargianto ke sisi kiri gawang, namun masih bisa ditangkap kiper lawan.

Tak perlu menunggu lama, Skuad Garuda Muda akhirnya mencetak gol pembuka pada menit ke-12. Maldini melakukan penetrasi dari sayap kanan, melewati dua pemain lawan, sebelum melepaskan umpan silang mendatar. Bola dikonversi menjadi gol lewat sontekan Ilham Udin. Indonesia memimpin 1-0.

Maldini kembali beraksi pada menit ke-17. Ia menusuk dari sayap kanan ke dalam kotak penalti usai melewati sejumlah pemain lawan. Dari sudut sempit, ia berhasil melepaskan tendangan yang masih bisa ditepis kiper lawan.

Indonesia membuat variasi serangan. Menit ke-20, Al-Qomar melepaskan tembakan spekulasi dari luar kotak penalti. Bola meluncur deras, sayang arahnya masih tepat ke pelukan kiper lawan, Abdul Hafiz.

Indonesia terus mengembangkan penguasaan bola. Tak mau buru-buru menyerang, Hargianto dkk memainkan umpan-umpan pendek di tengah lapangan. Namun dengan seketika, bola dialirkan ke kedua sayap, dimana Maldini dan Ilham melakukan penetrasi.

Sebaliknya, Brunei makin kesulitan. Mereka kesulitan melewati lini pertahanan Indonesia. Laga seperti berjalan searah.

Keunggulan Indonesia akhirnya bertambah pada menit ke-28. Al-Qomar tak mau gagal untuk kedua kalinya. Dari jarak yang lebih jauh, sekitar 38 meter di luar kotak penalti, ia melepaskan tendangan yang bersarang ke sudut kiri atas gawang Brunei, mengubah kedudukan menjadi 2-0.

Hanya dua menit laga bergulir kembali, Skuad Garuda Muda kembali mencetak gol. Iham Udin mencetak gol yang tak kalah indahnya. Menerima bola di kotak penalti, dengan gesit ia melewati empat pemain lawan untuk membuka celah di dekat tiang kanan gawang. Dari sudut sempit, ia mampu menyarangkan bola ke sudut kanan atas gawang. Tampilan papan skor kontan berubah 3-0.

Evan Dimas mendapatkan peluang dari kotak penalti pada menit ke-38, namun tendangannya masih bisa diblok pemain lawan. Hingga babak pertama usai, kedudukan masih 3-0 untuk Indonesia.

Indonesia tetap menekan begitu babak kedua dimulai. Namun dalam lima awal, kedisiplinan besutan Indra Sjafri sedikit menurun. Kolektifitas tim berkurang, sejumlah pemain berusaha mencatatkan diri sebagai pencetak gol, tanpa melihat posisi rekan maupun diri sendiri.

Menit ke-51, gawang Indonesia terancam lewat serangan balik di sisi kiri pertahanan. Kiper Ravi Murdianto mengambil inisiatif keluar dari kotak penalti, namun sayap Brunei, Jefri, berhasil mengecohnya. Beruntung bagi Indonesia, tendangan Jefri dari sisi kiri luat kotak penalti masih jauh dari sasaran.

Indonesia mendapat peluang emas pada menit ke-55. Sitanggang menerima umpan silang datar dari Evan Dimas di sayap kanan, namun tendangan first time-nya masih lemah dan melebar.

Sitanggang kembali mendapat peluang pada menit ke-60. Sundulannya menyambut umpan silang mengarah ke sudut kanan atas gawang, membuat kiper Hafiz mati langkah. Apes bagi Indonesia, Mafazi masih bisa menyundulnya.

Namun Skuad Garuda Muda langsung bersorak gembira dua menit kemudian untuk merayakan gol Muchlis. Menerima umpan terobosan Evan Dimas di kotak penalti, ia menyarangkan bola ke sudut kanan bawah gawang lawan saat tinggal berhadapan dengan kiper Abdul Hafiz.

Menit ke-66, tendangan bebas Evan Dimas dari jarak 32 meter masih bisa ditangkap kiper lawan.

Indonesia tampak nyaman menguasai jalannya pertandingan. Statistik menunjukkan skuad besutan Indra Sjafri itu unggul 63 persen dalam penguasaan bola.

Menit ke-80, Javier berhasil menusuk ke kotak penalti Brunei setelah mendapat terobosan dari Evan Dimas. Dari sisi kiri, tendangannya yang diarahkan ke tiang jauh masih bisa ditepis kiper lawan.

Muchlis melesakkan golnya yang kedua sekaligus menambah keunggulan Indonesia menjadi 5-0 pada menit ke-86. Setelah menerima terobosan Sitanggang di kotak penalti, ia berhasil menaklukkan kiper lawan lewat sontekan terarah ke sudut kiri bawah gawang.

Brunei tak juga berhasil melepaskan tembakan ke arah gawang hingga laga usai. Hasil akhir Indonesia 5-0 Brunei Darussalam.

Dengan hasil ini, Indonesia menempati puncak klasemen Grup B dengan keunggulan selisih gol dari Thailand, yang sore tadi mengalahkan Vietnam 3-2.

Pertandingan lainnya, Malaysia vs Myanmar dimainkan bersamaan dengan laga Indonesia vs Brunei di Gresik.

Daftas susunan pemain:

Indonesia: Ravi Murdianto; Putu Gede, Hansamu Yama, M.Sahrul, Fatchurohman; M. Hargianto, Evan Dimas, Al-Qomar Tehu (Paulo Sitanggang 46’); Maldini, Muchlis Hadi Ning, Ilham Udin (Dinan Yahdian Javier 35’). Pelatih: Indra Sjafrie.

Brunei Darussalam: Abdul Hafiz; Mohd. Shobri, Mohd Faiq, Mohd Mafazi, Safwan Amaludin; Nadzri (Mohd Aimmili 51’), AWG Mohd Aman, Yura Indera, Suhaimi Anak Salau; Abdul Azim, Faiq Jefri (Mio Juwaedi 66’). Pelatih: Dayem Haji Ali.

0 komentar:

Post a Comment