Akhir Agustus, Pendaftaran Pegawai Negeri Jalur Umum


Lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2013 akan dibuka akhir Agustus. Seperti halnya instansi lain, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) akan menggunakan sistem e-Recruitment.

Hingga kini baik instansi maupun masing-masing pemerintah daerah (Pemda) masih menghitung rincian lowongan CPNS 2013. Direncanakan penghitungan itu baru selesai pada 23 Agustus mendatang.

Karo Hukum dan Humas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (Kemenpan-RB), M Imnanuddin, kepada wartawan, Rabu (14/8/2013) lalu di situs media online,  mengatakan direncanakan pembukaan pendaftaran CPNS 2013 baru dilakukan akhir Agustus atau paling lambat September mendatang.

Hal ini tergantung kesiapan anggaran masing-masing daerah. Bila rincian penghitungan formasi CPNS 2013 sudah secepatnya diselesaikan masing-masing instansi maupun pemda, maka pendaftaran bisa langsung dilakukan secepatnya. Namun, bila belum siap maka pendaftaran baru dilakukan September mendatang.

Hingga kini, Kemenpan-RB telah menyetujui kuota CPNS 2013 masing-masing instansi dan pemda.

Tahun ini, rekrutmen CPNS 2013 menggunakan sistem metode computer Assisted Test (CAT) serta lembar jawaban computer (LJK).

Sementara itu sebagaimana ditulis di website e-cpns.kemlu.go.id, instansi tersebut akan menggunakan e-Recruitment dalam lowongan CPNS 2013. Hal jtersebut digunakan untuk meningkatkan mutu dan memudahkan untuk melakukan pengelolaan data pelamar.

Secara elektronik Kemenlu bisa menyajikan data secara real time. Sistem yang sudah dirintis sejak tahun 2008 ini memenyediakan layanan registrasi online untuk pelamar.

“Untuk kemudahan mengakses informasi, pelamar yang telah melakukan registrasi online akan memperoleh akun individual dalam sistem e-recruitment. Melalui akun tersebut pelamar antara lain dapat memperoleh informasi kelulusan dalam setiap tahapan ujian dan perkembangan terbaru dari proses Seleksi Penerimaan CPNS Kemlu,” demikian informasi yang dihimpun dari e-cpns.kemlu.go.id, Kamis (15/08/2013)

Atas sistem recruitmen tersebut Kemenlu mendapatkan penghargaan oleh Museum Rekor Indonesia sebagai instansi pemerinta pertama dengan sistem rekrutmen pegawai yang memenuhi standar ISO 9001:2008.

0 komentar:

Post a Comment