188

Cara Agar Mudah Mengingat dan Menghafal Pelajaran Dengan Cepat


Cara Mudah Mengingat dan Menghafal Pelajaran - Mengingat pelajaran sekolah adalah salah satu hal yang sangat penting agar pada saat ada ujian ulangan kamu akan lebih mudah menjawab seluruh pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh guru. Dengan mengingat pelajaran yang sehari-hari dipelajari, maka kemungkinan besar pada saat ulang kamu akan mendapatkan nilai bagus bahkan mungkin bisa menjadi juara di kelas.

Salah satu langkah yang paling cerdik untuk tetap mengingat berbagai pelajaran yang dipelajari sehari-hari disekolah adalah dengan cara menghafalnya. Dalam hal ini agar pelajaran mudah kamu ingat, maka ada tips mudah menghafal pelajaran yang mungkin bisa kamu lakukan. Adapun tips mudah menghafal pelajaran tersebut akan disajikan secara lengkap melalui tulisan kali ini.

Cara Mudah Mengingat dan Menghafal Pelajaran


Tips Mudah Menghafal Pelajaran

Berbagai hal yang harus dilakukan dan termasuk didalam tips menhafal pelajaran tersebut dapat kamu ikuti seperti petunjuk-petunjuk yang akan dipublikasikan secara lengkap berikut ini:

1. Membuat Kesan
Kesan merupakan salah satu hal yang akan tetap lama diingin oleh seseorang. Dengan demikian maka membuat kesan pada setiap pelajaran yang dipelajari disekolah harus senantiasa kamu ciptakan. Dalam hal ini kamu harus membuat kesan objek pada sebuah pelajaran yang akan kamu ingan secara imajinatif dan berlebih-lebihan.

2. Memainkan Emosi
Dalam memainkan emosi berkaitan juga dengan membuat kesan, yaitu membuat kesan yang bermuatan cinta, kebahagiaan, dan kesedihan yang akan mudah untuk tetap diingat. Dengan membuat sebuah kesan dari perasaan hangat, maka perasaan tersebut akan membuat jantung kamu berdegup dengan kencang dan memancarkan kebahagiaan yang akan dapat membantu memori ingatan.

3. Repitisi
Dalam hal ini usahakan selalu agar tetap berkosentrasi penuh pada setiap materi yang sedang kamu pelajari. Materi yang dipelajari tersebut agar senantiasa pula diulang dengan cara yang berbeda dan kreatif, seperti halnya mengucapkannya dengan keras-keras dan lebih baik dibuat peta pikiran.

4. Memperhatikan Kata Penting
Hal yang penting untuk dibaca dibuat dengan hal yang menjadi spesial, seperti judul, sub judul, kata bercetak tebal, bergaris miring dan buatkanlah peta pikiran.

5. Baca Ulang
Upayakan agar kamu senantiasa memiliki waktu untuk mengulangi membaca kata-kata penting pada suatu kalimat, khususnya pada kalimat pertama pada setiap paragraf. Hal ini dilakukan karena pada umumnya ide utama setiap tulisan berada pada kalimat utama setiap paragraf.

6. Memahami Isi
Upayakan agar kamu dapat memahami isi dari setiap tulisan yang kamu baca. Dalam hal ini kamu dapat merenungkan kembali apa yang telah kamu peroleh dari sebuah tulisan yang sudah dibaca secara umum dan menyeluruh. Bila ada pertanyaan muncul dalam setiap tulisan yang sedang dibaca, maka upayakanlah untuk menjadi pertanyaan tersebut sedetail mungkin.

7. Membaca Bagian yang Menarik
Kamu juga dapat membaca bagian yang menurut kamu paling menarik atau sangat perlu untuk tetap diingat. Renungkanlah kembali apa yang telah kamu baca. Hal ini senantiasa diulang-ulang, serta upayakan untuk membuat peta pikiran.

Itulah berbagai tips mudah menghafal pelajaran yang bisa kamu terapkan. Semoga informasi ini kiranya bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca tulisan terkait tentang cara menyimak informasi dengan baik. Semoga bermanfaat...

0 komentar:

Poskan Komentar