Apa itu Primary School dan Elementary School?

 

British Elementary School Jakarta bsj

Untuk para tenaga pendidik atau orang yang berkencimpung dalam dunia pendidikan, mungkin sudah tidak asing dengan istilah Primary School dan Elementary School. Namun bagi kita yang masih awam dalam dunia ini, mungkin asing dengan istilah ini, dan baru tahu ketika hendak mencari sekolah untuk anak.


Lalu sebenarnya apa itu Primary School dan Elementary School? Apa perbedaan antara keduanya? Yuk kita cari tahu melalui uraian dibawah ini.


Apa itu Primary School dan Elementary School?

Primary School dan Elementary School sebenarnya merupakan sebuah tingkatan pada sekolah anak, yang kalau di Indonesia setingkat dengan sekolah dasar (SD), yaitu sebuah program belajar yang sebenarnya didesain untuk mengajarkan fundamental skill pada anak, khususnya terkait dengan membaca, menulis, dan dan juga matematika.


Jadi, antara Primary School dan Elementary School adalah dua istilah yang sama, namun ada beberapa negara yang untuk menyebutkan sekolah dasar dengan Primary School dan ada juga yang menyebutnya sebagai Elementary School.


Di Indonesia, beberapa sekolah yang bertaraf International biasanya menggunakan istilah ini, salah satunya adalah British Elementary School Jakarta, yang selama ini dikenal sebagai salah satu sekolah International terbaik di Jakarta.


Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, beberapa negara ada yang menggunakan istilah primary school dan Elementary School.


Istilah Primary School sendiri lebih sering digunakan pada negara Irlandia, Inggris, Australia, Jamaica, dan juga Afrika Selatan. Sedangkan Elementari School sendiri lebih sering digunakan di Amerika Utara dan juga Philipina.


Meski memiliki arti yang sama untuk menyebutkan sekolah dasar, namun beberapa negara sebenarnya memiliki sistem yang berbeda, salah satunya terkait berapa lama pendidikan tersebut bisa diselesaikan.


Di Indonesia, untuk menyelesaikan pendidikan di tingkat sekolah dasar (Elementary School), siswa paling tidak harus menyelesaikannya dalam kurun waktu 6 tahun, setelah itu baru bisa berlanjut pada tingkat SMP selama 3 tahun, dan 3 tahun lagi di tingkat SMA.


Sistem seperti ini tidak berlaku di Amerika, dimana pada tingkat Elementary School pelajar di Amerika bisa menyelesaikannya selama 5 tahun, lalu middle school (smp) selama 3 tahun, dan High School (SMA) selama 4 tahun.


Hal menarik lainnya tentang sekolah di Amerika, khususnya untuk tingkatan High Schoolnya, setiap tingkatan kelas memiliki penyebutan yang berbeda-beda. Kelas 9 misalnya, ia sering disebutkan sebagai freshmen, kelas 10 sebagai sophmore, kelas 11 sebagai junior, dan kelas 12 sebagai senior.


Itulah pengertian Primary School dan Elementary School yang selama ini sering kita jumpai di berbagai intitusi pendidikan, khususnya untuk sekolah international. Yang pada intinya, kalau di Indonesia ini dikenal sebagai jenjang pendidikan untuk sekolah dasar.

0 komentar:

Post a Comment