7 Cara Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Pada Anak

kecerdasan linguistik

Kecerdasan linguistik adalah kemampuan untuk menggunakan kata-kata secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan. Kecerdasan ini mencakup kepekaan terhadap arti kata, urutan kata, suara, ritme dan intonasi dari kata yang di ucapkan. Termasuk kemampuan untuk mengerti kekuatan kata dalam mengubah kondisi pikiran dan menyampaikan informasi. Dalam lingkup anak, anak akan menjadi lebih cerewet dan kritis, senang dalam bercerita atau membagi pengalamannya. Anak-anak yang memiliki kecerdasan linguistik senang akan membaca dan mencari tahu apa yang mereka tidak mengerti dan mereka tidak ketahui. 

Beberapa anak sudah menujukkan bahwa ia memiliki kecerdasan linguistik yang menonjol, dan kecerdasan lingustik sendiri sangat bisa untuk ditingkatkan, dengan cara antara lain:

1. Membacakan cerita
Membacakan dongeng selain menarik bagi anak juga dapa merangsang kemampuan kecerdasan linguistik anak. Dengan membacakan dongeng juga akan melibatkan anak dalam aktivitas-aktivitas linguistik baik secara pribadi maupun tidak langsung.

2. Sering ajak anak berdialog
Ajaklah anak berbicara dan berdialog, alasannya ialah dengan mengajak anak berdialog dan berbicara merupakan langkah awal melatih anak berbicara, yang merupakan unsur penting dalam berkomunikasi dan keterampilan sosial.

3. Ajak anak bernyanyi bersama
Menyanyi gotong royong dengan teman-temannya dan ibu guru, bisa memperlihatkan pengalaman dan kemampuan vokal yang sangat besar lengan berkuasa besar pada pengembangan kemampuan berbicara anak. Menyanyi bersama dapat membuat anak peka terhadap irama dan nada dalam kelompoknya, yang sangat penting dalam membantu kemampuan berkomunikasi dan keterampilan sosialnya.

4. Perkenalkan aksara dan angka
Seiring dengan pemahaman anak akan aksara dan angka serta penggunaannya, yaitu dengan bermain kartu bergambar berikut kosakatanya. Lakukan kegiatan dengan bermain menggunakan aksara dan angka tersebut.

5. Bermain peran
Dalam bermain tugas anak akan melaksanakan dialog atau berkomunikasi dengan sobat mainnya, hal ini dapat membantu membuatkan kemampuan anak dalam penggunaan kosakata menjadi suatu kalimat dan berkomunikasi dengan orang lain.

6. Dengarkan lagu tentang anak
Banyak lagu-lagu anak yang sangat menarik, sehingga tanpa disadari anak spontan mengikuti lirik lagu yang dibawakan dalam lagu-lagu tersebut. Hal ini sangat menyenangkan bagi anak, selain mempertajam telinga anak, memperdengarkan lagu juga menuntut anak untuk menyimak setiap lirik yang dinyanyikan, yang kemudian membuat anak menirukan lagu tersebut dan juga menambah perbendaharan kata, kosakata dan pemahaman arti kata bagi anak usia dini.

7. Merangkai cerita
Berikan anak potongan-potongan gambar dan biarkan anak mengungkapkan apa yang ada dipikirannya perihal jalannya dongeng pada gambar tersebut. Ini menyenangkan alasannya ialah anak akan terlibat secara pribadi dalam dialog dan diskusi perihal gambarnya.

Lalu adakah ciri-ciri anak yang memiliki kecerdasan lingustik yang baik? Tentu saja ada. Anak anda mungkin memiliki kecerdasan linguistik menonjol jika memiliki sebagian atau lebih dari ciri-ciri berikut.

Mudah mempelajari bahasa percakapan.
Suka berbicara di depan orang banyak, misalnya membawakan acara, pidato, bercerita dsb.
Sering menceritakan ulang informasi yang diperoleh dari berbagai media.
Suka menulis (artikel, cerita, diary, puisi, dsb).
Suka berdiskusi dan memberikan tanggapan saat mendengarkan pembicaraan orang lain.
Menyukai seni satra seperti puisi, prosa, deklamasi, dsb.
Menyukai seni peran dalam drama, komedi, opera, dsb.
Sering menyelipkan humor dalam percakapan atau tulisan.

0 komentar:

Post a comment