Enam Gelandang yang Berani Tolak MU Musim Ini

Headline

Banyak yang mengira, klub dengan reputasi sebesar Manchester United bakal dengan mudah mendatangkan pemain yang diinginkan. Kenyataannya tidak demikian.

Di awal musim ini saja, sudah ada enam pemain yang menolak maupun tidak dilepas oleh klub pemiliknya. Enam pemain incaran tersebut semuanya berposisi sebagai gelandang, peran paling vital dalam sepak bola, sebagai pengatur permainan dan penyalur bola dari lini belakang ke depan.

Gelandang, khususnya gelandang tengah dengan kreatifitas dan kemampuan menyerang dan mencetak gol, menjadi target utama Setan Merah. Setelah pensiunnya Paul Scholes musim lalu, pemilik 20 gelar Liga Primer Inggris itu kesulitan mencari penggantinya.

Manchester United memang masih punya beberapa pemain yang bisa dimainkan di posisi tersebut, namun sejauh ini mereka masih belum bisa tampil sesuai harapan.

Anderson terlalu individualis, Tom Cleverley kerap dilanda cedera dan tampil angin-anginan, Michael Carrick lebih cocok menjadi gelandang bertahan, sementara Shinji Kagawa juga kerap mengalami cedera.

Sejumlah pemain pun ditawar, namun sejauh ini belum ada yang merapat ke Old Trafford. Siapa saja mereka?

Headline

1. Thiago Alcantara

Mantan gelandang Barcelona dan Timnas Spanyol itu menjadi bidikan utama Setan Merah musim ini. Meski usianya masih muda, 22 tahun, permainannya sudah matang. Klausul pelepasannya pun terjangkau, 18 juta Euro (248 miliar Rupiah). Andai berhasil, MU mungkin tak perlu lagi mencari gelandang serang selama 8-10 tahun ke depan.

Sayang, pemain yang kalah bersaing dengan Xavi Hernandez dan Andres Iniesta di Barcelona itu memilih bergabung dengan Bayern Munchen, yang dilatih mantan pelatih Barca, Josep Guardiola.

Headline

2. Cesc Fabregas

Barcelona adalah gudangnya gelandang kreatif nan eksplosif. Gaya main mereka yang ofensif namun kolektif menuntut tersedianya gelandang dengan visi luas.

Akan halnya Alcantara, Fabregas juga kalah bersaing dengan Xavi dan Iniesta. Namun berbeda dengan juniornya, pemain yang masuk akademi pemain muda Barca pada usia 10 tahun dan pindah ke Arsenal di usia 16 tahun tahun itu memilih setia bersama Blaugrana.

Pemain yang akhirnya kembali ke Barca pada musim 2011-12 itu tak ingin mengulang kesalahannya dengan meninggalkan Camp Nou.

“Tak ada hal lain yang saya pikirkan selain melanjutkan karir di Barca. Banyak yang saya korbankan untuk bisa kembali dan saya ingin meraih sukses di sini,” ujar pemain berusia 26 tahun itu seperti dilansir Football-Espana.

Headline

3. Luka Modric

Berbeda dengan ketertarikannya terhadap Alcantara dan Fabregas, MU bergerak tanpa suara saat memburu gelandang Real Madrid ini. Kabarnya, kubu Old Trafford sudah mengajukan tawaran sebesar 35 juta Pound (560 miliar Rupiah).

Gelandang bertenaga kuda ini punya visi yang cukup bagus untuk mengatur serangan serta tendangan jarak jauh yang bisa diandalkan untuk memecah kebuntuan. Selain itu, pengalamannya merumput di Liga Primer Inggris bersama Tottenham Hotspur membuatnya tak butuh adaptasi terlalu lama jika bergabung dengan MU.

Apes bagi Setan Merah, gelandang berusia 27 tahun itu memilih bertahan di Santiago Bernabeu di bawah besutan pelatih baru, Carlo Ancelot

Headline

4. Marco Verratti

Gelandang Timnas Italia berusia 20 tahun itu menjadi fenomena baru di sepak bola Italia. Meski hanya bermain di klub Seri B, Pescara, kemampuannya mengemban tugas sebagai pemain inti dan tampil konsisten di lini tengah membuat banyak klub meminangnya.

Sejak usia 18 tahun, Verratti menjadi pemain inti Pescara, memainkan 74 laga di liga selama dua musim. Musim lalu, pemain yang sudah memperkuat Timnas Italia senior sebanyak tiga kali dan mencetak satu gol itu pindah ke Paris Saint-Germain dengan harga yang cukup tinggi untuk pemain muda Seri B, 15 juta Euro (206 miliar Rupiah).

Musim lalu, Verratti, yang melakoni 27 laga di Ligue 1 Prancis bersama PSG dan beberapa lagi di Liga Champions, sempat mengajukan permintaan transfer. Inilah yang langsung direspon MU. Namun beberapa pekan setelahnya, agen sang pemain menyatakan Verratti akan bertahan sampai 2018.

Headline

5. Arturo Vidal

Gelandang Timnas Cile itu mulai tenar saat membela Bayer Leverkusen selama empat musim, sejak 2007-08. Meski tak meraih satu gelar pun, Vidal tampil konsisten dalam 144 pertandingan di segala ajang.

Musim 2011-12, Juventus berhasil membajaknya. Eksplosifitasnya meningkat, 22 gol dari 80 laga di segala kompetisi selama dua musim, menghasilkan dua gelar Seri A secara beruntun.

Namun saat MU mencoba merayunya, sang pemain memilih bertahan. Kini, pemain berusia 26 tahun itu sedang membahas perpanjangan kontrak hingga 2018.

Headline

6. Claudio Marchisio

Terakhir adalah rekan setim Vidal di Juventus, Claudio Marchisio. Pemain berusia 27 tahun ini punya karakter klasik gelandang Italia: gigih bertarung dan punya visi yang luas. Pemain asli binaan Juventus yang diorbitkan pada musim 2006-07 itu sudah mencetak 28 gol dan 23 assist dari 213 pertandingan Juve di segala kompetisi hingga saat ini.

Pemilik 38 caps dan dua gol di Timnas Italia senior itu menegaskan komitmennya bersama Si Nyonya Tua.

“Mimpi saya adalah mengakhiri karir bersama Juventus,” katanya seperti dinukil dari La Gazzetta dello Sport.

Headline

Buruan baru: Marouane Fellaini

Bursa transfer akan ditutup pada 2 September mendatang sementara MU belum juga berhasil mendatangkan gelandang yang diperlukan. Sebagai alternatif, gelandang Everton, Marouane Fellaini, menjadi incaran.

Kedekatan Fellaini dengan mantan pelatih Everton yang saat ini melatih MU, David Moyes, diharapkan bisa mempermudah proses perekrutan tersebut.

Gelandang berusia 25 tahun itu bisa dimainkan di banyak posisi dan tangguh dalam perebutan bola. Selama lima musim terakhir di Everton, Fellaini mencetak 32 gol dari 132 pertandingan.

Harganya juga cukup terjangkau. Klausul pelepasannya 'hanya' 22 juta Pound (351,3 miliar Rupiah).

0 komentar:

Post a Comment