Kesan Mendalam Pemain Arsenal Selama di Indonesia


Terkesan. Itulah kata yang tepat menggambarkan perasaan skuad Arsenal soal kunjungannya ke Indonesia. Pasukan The Gunners begitu bahagia dengan pengalaman yang mereka dapatkan di Tanah Air.

Ini adalah pertama kalinya dalam 30 tahun terakhir, Arsenal ke Indonesia. Terakhir kali klub berjuluk Meriam London itu ke Indonesia pada 1983. Ketika itu, mereka beruji coba melawan PSMS Medan, Indonesia Selection dan juara Galatama, Niac Mitra Surabaya.

Setelah tiga dekade, The Gunners akhirnya datang lagi dan mendarat di bandara Halim Perdanakusuma, Jumat 12 Juli 2013. Mereka berada di Indonesia selama tiga hari dan melalui sejumlah agenda.

Mulai dari coaching clinic, meet and greet dengan fans, sampai pertandingan melawan Indonesia Dream Team. Dalam setiap acara itu, pasukan Arsenal selalu "diserbu" penggemar fanatik mereka, Gooners Indonesia.

"Fans di Indonesia sangat luar biasa. Saya sangat senang ke sini. Terima kasih atas semua pengalaman yang sangat berkesan ini," kata kiper Arsenal, Wojchiech Szczesny.

Hal senada dikatakan bek kanan Carl Jenkinson. Ia mengaku sangat bahagia bisa berada di tengah-tengah fans The Gunners di Indonesia. "Kalau saya, mungkin tidak perlu waktu lama lagi untuk kembali ke Indonesia. Saya sangat ingin berlibur di sini," ucap Jenkinson.

Hibur Gooners Indonesia


Ketika pertandingan melawan Indonesia Dream Team, sekitar 50 ribu fans Arsenal memenuhi Stadion Utama Gelora Bung Karno. Mereka terus memberikan dukungan kepada Mikel Arteta dan kawan-kawan di lapangan. 

Dukungan itu pun dibalas Arsenal dengan penampilan impresif. Oliver Giroud dan kawan-kawan tampil menghibur dengan menekuk Indonesia Dream Team lewat skor telak 7-0, Minggu 14 Juli 2013.

Gol-gol pasukan London Utara dicetak Theo Walcott (18′'), Chuba Akpom (53'′), Olivier Giroud (71'′), Olivier Giroud (73′'), Lukas Podolski (82'′), Kristoffer Olsson (85'′) dan Thomas Eisfeld (86').

"Ke depannya, kami berharap bisa menjadi tim terbaik. Kami memiliki chemistry yang bagus. Ditambah kami memiliki beberapa pemain muda. Pertandingan ini adalah tes beberapa pemain muda untuk musim depan," kata manajer Arsenal, Arsene Wenger.

Pria asal Prancis itu tak lupa memuji permainan Indonesia. Meskipun kalah telak, namun skuad Garuda sempat memberikan perlawanan alot di babak pertama.

"Indonesia tampil sangat bagus dengan fisik kuat. Indonesia sangat menarik bagi kami. Namun, kami mendapat hasil cukup bagus dalam pertandingan itu," ucap Wenger.

Balas Dendam Meriam London


Laga itu tak hanya sekedar uji coba biasa bagi Arsenal. Laga itu juga menjadi ajang pelampiasan dendam. Ketika terakhir berkunjung ke sini, Arsenal memang mampu mengalahkan PSMS (3-0) dan Indonesia Selection (5-0). 

Namun, Pat Jennings dan kawan-kawan juga sempat menelan kekalahan 0-2 di tangan Niac Mitra Surabaya. Ketika itu, gol Niac Mitra diciptakan Fandi Ahmad dan Joko Malis.

Meski menang telak, namun Wenger tak ingin permainan Indonesia dihakimi. Apalagi, ini hanya sekedar laga uji coba biasa. "Rasanya, tidak adil memberikan penilaian kepada Indonesia hanya dalam satu pertandingan saja. Kami semua terkejut dengan bentuk permainan Indonesia," lanjut Wenger.

Yang jelas, Wenger dan pasukannya sangat terkesan dengan pengalaman mereka selama di tanah air. Usai pertandingan pun mereka membentangkan spanduk yang ditujukan kepada Gooners Indonesia dengan tulisan: "Terima Kasih Atas Dukungan Anda".


***
Ucapan Terima Kasih Pasukan Arsenal kepada Gooners Indonesia:

"Fans di Indonesia sangat luar biasa. Saya sangat senang ke sini. Terima kasih atas semua pengalaman yang sangat berkesan ini," Wojchiech Szczesny.

"Sangat menyenangkan bisa berada di tengah-tengah fans Indonesia. Ini pengalaman yang luar biasa," Carl Jenkinson.

"Ini malam yang positif dalam suasana persahabatan. Kami disambut dengan sangat luar biasa. Dengan dukungan sebesar itu, saya merasa seperti kami bermain di kandang sendiri," Arsene Wenger.

"Di Indonesia, saya merasa seperti Justin Bieber dengan fans yang terus berteriak. Bagi saya ini luar biasa. Fans di sini benar-benar luar biasa dan membuat kami terkesan," Alex Oxlade-Chamberlain.

"Fans Indonesia sangat fantastis. Mereka menyambut kami sejak tiba di bandara. Mereka gila," Lukas Podolski.

Sumber dari http://bola.viva.co.id

0 komentar:

Post a Comment