188

Spesifikasi Motor Yamaha YZR M1 Terbaru Valentino Rossi 2013

Spesifikasi Motor Yamaha YZR M1 Valentino Rossi 2013
27 Desember 2012


MotoGP musim 2012 telah berakhir selepas digelarnya race terakhir di Valencia. MotoGP musim 2011 dan 2012 memang seakan-akan menjadi musim terberat disepanjang karir Valentino Rossi di MotoGP bersama Ducati. Dengan minimnya raihan podium yang dimilikinya, pencetak rekor Juara Dunia 9 kali ini pun akhirnya memutuskan untuk pindah haluan ke Yamaha.

Yamaha sendiri pada saat ini masih mengandalkan Yamaha YZR M1, salah satu motor terbaik yang mengantarkan Jorge Lorenzo meraih puncak klasemen hingga akhirnya menuntaskan ambisinya untuk meraih juara dunia 2012. Lalu bagaimana dengan Rossi?. Akankah Rossi bisa kembali ke performa terbaiknya saat kembali bergabung bersama Yamaha?. Kita nantikan penampilan The Doctor dan Yamaha YZR M1 2013 terbaru miliknya di musim mendatang.



Yamaha YZR M1 merupakan sebuah proyek yang digarap oleh Kouichi Tsuji. YZR M1 yang diusung di kelas para Raja alias kelas MotoGP memiliki spesifikasi mesin berkapasitas 1000cc, 4 silinder dengan lebar diameter silinder 88 milimeter dengan bobot maksimal 153 kg ( 801 - 1000cc) sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan oleh FIM. Sedangkan mesin yang digunakan selama satu musim adalah sebanyak 6 buah, dan jika memakai mesin lebih dari yang sudah ditetapkan maka seorang pembalap akan dikenakan pinalti yang berupa melakukan start (starting grid) dari jalur pit lane 10 detik setelah balapan dimulai. 

Kecepatan tertinggi New Yamaha YZR M1 yaitu berada pada angka 340 km/jam. Untuk melahap semua lap, Yamaha YZR M1 membutuhkan tangki yang memiliki volume berkapasitas 21 liter dengan tekanan bahan bakar maksimal berada di angka 10 bar. Valentino Rossi tentunya belum melupakan bagaimana sensasinya menunggangi Yamaha YZR M1, terlebih lagi karena memang skill dan pengalamannya memang dimatangkan oleh dua pabrikan besar asal Jepang, yaituHonda dan Yamaha. Semenjak bergabung dengan tim biru ini saja Rossi sudah berkali-kali menjadi juara dunia, diantaranya adalah:
  • Pada tahun 2004 Juara dunia Motogp, Gauloises Fortuna Yamaha team
  • Pada tahun 2005 Juara dunia Motogp, Gauloises Yamaha team
  • Pada tahun 2008 Juara dunia Motogp, Fiat Yamaha team
  • Pada tahun 2009 Juara dunia Motogp, Fiat Yamaha team.
Dengan rekor terbaik sepanjang masa yang pernah ditorehkan oleh The Doctor, akankah sekembalinya ke Yamaha menjadi tonggak sejarah baginya untuk menuai kembali prestasi emas yang pernah diukir di era kejayaannya dulu?. Kita tunggu saja jadwal MotoGP 2013 Trans7yang akan menayangkan kepiawaian The Doctor saat membesut Yamaha YZR M1 2013 miliknya.

Di lain kesempatan, Rossi melalui akun twitternya sudah memposting foto dari fairing depan motor YZR M1 yang pada musim depan akan digunakannya. Dalam tweet-nya, Rossi seolah-olah menyapa motornya dengan kalimat "Hai apa kabar, kamu keliatan cantik" dan YZR M1 miliknya pun merespon dengan kata-kata, "Aku kangen kamu". Rossi pun menjawab "Saya juga". Sedangkan screenshot dari fairing YZR M1 Valentino Rossi yang kemungkinan akan digunakan pada musim 2013 adalah seperti gambar dibawah ini:

Fairing depan motor YZR M1 Valentino Rossi
Sumber gambar: Pikiran Rakyat Online

Sesi latihan Valentino Rossi dengan menggunakan YZR M1 2013:

Yamaha YZR M1 terbaru Valentino Rossi 2013
Rossi saat hendak menjalani sesi latihan bersama Yamaha YZR M1
Yamaha YZR M1 terbaru Valentino Rossi 2013
YZR M1 saat membesut tikungan
Yamaha YZR M1 terbaru Valentino Rossi 2013
Rossi mengecek kondisi YZR M1 baru miliknya
Yamaha YZR M1 terbaru Valentino Rossi 2013
Rossi saat dimintai keterangan dalam jumpa pers
Yamaha YZR M1 milik Lorenzo
Yamaha YZR M1 milik Lorenzo
Spesifikasi Motor Yamaha YZR M1 Terbaru Valentino Rossi 2013

0 komentar:

Poskan Komentar