Gempa 7,3 SR Dan Tsunami 1 meter Melanda Jepang 7 Desember 2012

Jepang Di landa Gempa Dan Tsunami - Gempa 7,3 SR Dan Tsunami 1 meter Melanda Sendai ,Jepang.



Tsunami Sendai


Tsunami

TSUNAMI setinggi satu meter menerjang pantai timur laut Jepang, Jumat 7 Desember 2012. Tsunami tersebut datang setelah pantai timur laut Jepang dilanda gempa dengan kekuatan 7,3 skala richter.
Kantor berita Al Jazeera menyatakan gelombang tsunami tersebut direkam di kota Ishinomaki, sebuah kota di kawasan Prefektur Miyaki yang terkena tsunami parah tahun 2011 lalu. Menurut Badan Metereologi Jepang, pusat gempa terjadi di kawasan lepas pantai timur jepang, di kawasan samudera pasifik dengan kedalaman 10 kilometer di bawah dasar laut.
Matsumoto, seorang petugas komunikasi Palang Mereh Jepang menyatakan gempat kali ini hampir sama dengan gempa yang terjadi pada tahun 2011.
Radio NHK Jepang beberapa kali memperingatkan akan terulangnya tsunami dahsyat seperti yang terjadi pada Maret 2011 dan meminta kepada seluruh masyarakat Jepang untuk melarikan diri ke tempat yang lebih tinggi.
Sementara itu, kantor berita Reuters menyatakan para pekerja di kawasan pembangkit nuklir di Fukushima sudah diungsikan ke tempat yang aman semenjak peringatan tsunami dikeluarkan oleh pemerintah Jepang.

Gempa berkekuatan besar mengguncang Jepang. Gempa berkekuatan 7,3 Skala Richter (SR) menerjang wilayah pantai timur laut Jepang. Gempa ini menyebabkan gedung-gedung di ibukota Tokyo bergoyang keras.

Belum ada laporan mengenai korban maupun kerusakan akibat gempa ini.

Media Jepang, NHK memberitakan seperti dilansir AFP, Jumat (7/12/2012), gempa ini menimbulkan peringatan tsunami. Menurut badan meteorologi Jepang, tsunami diperkirakan akan melanda sekitar pukul 17.40 waktu setempat.

Menurut NHK, Badan Meteorologi Jepang telah mengeluarkan peringatan tsunami untuk wilayah prefektur Iwate, Fukushima, Aomori dan Ibaraki.

Dikabarkan, tsunami setinggi satu meter juga bisa melanda wilayah pantai di prefektur Miyagi. Wilayah ini rusak parah akibat diterjang tsunami dahsyat pada Maret 2011 lalu yang menewaskan ribuan orang.

0 komentar:

Post a Comment