Manfaat Menabung

Dalam menjalani kehidupan, uang adalah salah satu alat yang dapat menunjang keberlangsungannya. Uang didapatkan dengan cara bekerja. Maka dari itu dalam kesehariannya orang – orang akan sibuk mencari penghidupan, dalam artian mencari uang melalui bekerja. Dan uang itu akan habis lagi digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Setelah habis maka uang akan dicari kembali. Akan tetapi, selain untuk memenuhi kebutuhan, orang juga harus memperhitungkan kepentingan mendesak yang selalu datang tiba – tiba dan mengharuskan uang selalu ada. Jika uang yang dimiliki seseorang selalud alam kondisi habis, maka hal itu akan menjadi sebuah masalah baru. Oleh karena itu setiap orang perlu memiliki sebuah tabungan rencana. sebab menabung itu banyak sekali manfaatnya, yaitu di antaranya adalah :  

Tabungan Rencana

1.  Supaya memiliki cadangan uang
Seperti yang telah disinggung di atas, dalam hidup kadang selalu ada satu momen dimana kita akan sangat membutuhkan uang. Jika kita tidak siap sedia maka kita akan berada dalam kondisi genting. Maka untuk mengantisipasi hal yang seperti itu kita perlu menabung. Dengan menabung kita akan memiliki cadangan uang yang dapat digunakan ketika kita dalam kondisi genting membutuhkan uang dalam jumlah banyak dan cepat. 

2.  Memiliki uang tambahan
Salah satu keuntungan menabung juga kita bisa melakukan investasi. Karena dengan menabung di lembaga keuangan baik dalam bentu bank maupun non bank pastinya akan ada pilihan produk investasi. Jika anda mengikuti program investasi di lembaga keuangan baik itu bank maupun non bank, maka anda akan mendapatkan uang tambahan dalam kurun waktu tertentu. Namun, bagi and ayang ebragama islam, seharusnya anda lebih selektif dan berhati – hati saat berinvestasi, jangan sampai anda terikat dengan sistem riba. Oleh karenanya anda harus memilih lembaga keuangan yang syariah atau menerapkan sistem islam. 

3.  Uang tersimpan secara aman
Menabung di lembaga keuangan juga merupakan alternative menyimpan uang dengan aman, karena uang anda akan dijaga dan dikelola. Berbeda dengan anda yang memiliki tabungan manual di rumah, pastinya akan sulit menjaganya.

0 komentar:

Post a Comment