Manfaat Reklamasi Lahan Bekas Galian Pertambangan Terhadap Lingkungan

Reklamasi Bali

Manfaat Reklamasi - Jika beberapa bulan terakhir ini kita dihebohkan di media televisi maupun online dengan berita dari reklamasi Jakarta dan kontroversi Reklamasi Bali. Untuk kesempatan kali ini updatenya.com akan posting mengenai Manfaat Reklamasi Lahan Bekas Galian Pertambangan Terhadap Lingkungan. Mungkin dari sebagian kita beranggapan Reklamasi itu hanya mengubah perairan seperti laut ditimbun tanah / pasir agar jadi daratan. Tapi sebenarnya reklamasi juga dimanfaatkan untuk memanfaatkan kembali lahan bekas pertambangan. Berikut ini kami hadirkan info mengenai manfaat reklamasi lainnya yang mungkin tidak kita ketahui yang kami hadirkan dari berbagai sumber termasuk situs resmi ESDM Indonesia.

Masalah utama yang timbul pada wilayah bekas tambang adalah perubahan lingkungan. Perubahan kimiawi terutama berdampak terhadap air tanah dan air permukaan, berlanjut secara fisik perubahan morfologi dan topografi lahan. Lebih jauh lagi adalah perubahan iklim mikro yang disebabkan perubahan kecepatan angin, gangguan habitat biologi berupa flora dan fauna, serta penurunan produktivitas tanah dengan akibat menjadi tandus atau gundul. Mengacu kepada perubahan tersebut perlu dilakukan upaya reklamasi. Selain bertujuan untuk mencegah erosi atau mengurangi kecepatan aliran air limpasan, reklamasi dilakukan untuk menjaga lahan agar tidak labil dan lebih produktif. Akhirnya reklamasi diharapkan menghasilkan nilai tambah bagi lingkungan dan menciptakan keadaan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan keadaan sebelumnya.

Bentuk permukaan wilayah bekas tambang pada umumnya tidak teratur dan sebagian besar dapat berupa morfologi terjal. Pada saat reklamasi, lereng yang terlalu terjal dibentuk menjadi teras-teras yang disesuaikan dengan kelerengan yang ada, terutama untuk menjaga keamanan lereng tersebut. Berkaitan dengan potensi bahan galian tertinggal yang belum dimanfaatkan, diperlukan perhatian mengingat hal tersebut berpotensi untuk ditambang oleh masyarakat atau ditangani agar tidak menurun nilai ekonominya (situs resmi ESDM).

Manfaat Reklamasi 

Reklamasi Akan Memperluas Lahan Yang Bisa Dimanfaatkan

Bagi negara dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi, reklamasi dapat digunakan untuk mengatasi kendala keterbatasan lahan, yang nantinya dapat dimanfaatkan menjadi lahan pemukiman yang baru. Manfaat reklamasi pantai di sini adalah tanah diperoleh tanpa melakukan penggusuran penduduk.

Manfaat Reklamasi Lahan Bekas Galian Tambang

Manfaat reklamasi yang menjadi poin postingan updatenya kali ini adalah menjadikan kawasan berair atau lahan tambang yang rusak atau tak berguna menjadi lebih baik dan bermanfaat. Kawasan baru tersebut biasanya dimanfaatkan untuk kawasan pemukiman, perindustrian, bisnis dan pertokoan, pertanian, serta objek wisata.

Daerah yang dilakukan reklamasi menjadi terlindung dari erosi karena konstruksi pengaman sudah disiapkan sekuat mungkin untuk dapat menahan gempuran ombak laut. 

Daerah yang ketinggiannya di bawah permukaan air laut bisa terhindar dari banjir apabila dibuat tembok penahan air laut di sepanjang pantai.  Tata lingkungan yang bagus dengan peletakan taman sesuai perencanaan dapat berfungsi sebagai area rekreasi yang sangat memikat pengunjung. Hal ini bisa membuka mata pencaharian baru bagi warga sekitar.
Pesisir pantai yang sebelumnya rusak, menjadi lebih baik dan bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment