Mencoba Resep Sayur Lodeh Sederhana

Sayur lodeh merupakan masakan Indonesia yang sangat digemari. Sayur lodeh biasanya disantap bersama tempe horeng atau ikan goreng beserta sambal sebagai pelengkap. Resep sayur lodeh sebenarnya sederhana. Anda dapat berkreasi setelah membaca resepnya. 

sayur lodeh
sayur lodeh

Bahan untuk membuat lodeh mudah ditemukan. Siapkan bahan yang terdiri dari buah terong, kacang panjang, umbi bambu muda, udang, santan kelapa, daun jeruk purut, tempe tahu, dan serai.

Langkah membuat sayur lodeh ini juga sangat mudah. Kupas udang, lalu siapkan juga tempe yang telah dipotong kecil-kecil beserta sayurannya seperti kacang panjang, terong, dan umbi rembung. Memarkan laos, batang serai, dan lengkuas. Haluskan bumbu yang terdiri dari ½ sdt gula pasir, ¼ sdt terasi, 4 kemiri, 1 sdt ketumbar, 6 siung bawang bawang putih dan merah, 2 cm kunir atau kunyit, 4 buah cabe merah, dan 1 sdt garam. Nasaklah semua sayuran  beserta udang menggunakan santan cair hingga setengah matang. Jika sudah tambahkan bumbu halus beserta lengkuas, laos, serai dan jeruk purut. Tunggu hingga matang dan sajikan sayur lodeh dengan sambal terasi pedas. Jangan lupa juga siapkan nasi putihnya.

Itulah resep sayur lodeh yang lezat untuk anda dan keluarga. Anda dapat menambahkan sayur lainnya sesuai selera anda. Jika ada yang menyukai jamur, dapat ditambahkan atau jika tak menyukai kacang panjang, anda dapat menggantinya dengan sayuran lain yang disukai.

0 komentar:

Post a Comment