3 Dampak Negatif dari Polusi Air

Mencegah agar polusi air tidak terjadi atau menanggulanginya agar tidak semakin parah merupakan kewajiban Kita semua. Air merupakan salah satu sumber daya yang bermanfaat besar bagi kehidupan semua makhluk yang bernyawa. Pencemarannya tentu saja diakibatkan oleh ulah Kita sendiri yang tidak cermat dalam memanfaatkan kemudahan yang ada. Sering membuang sampah di bantaran sungai, tidak menjaga keberadaan hutan, dan tindakan negatif lainnya.

sungai martapura

Terjadinya polusi kebersihan air memiliki dampak yang cukup besar dalam kehidupan Kita dan segala sesuatu yang ada di lingkungan sekitar. Adapun dampak paling terasa dari pencemaran air antara lain:

1. Kebutuhan akan air bersih dalam rumah tangga menjadi tidak lancar, dan lebih sering mendapatkan air dengan kualitas kurang aman.
2. Air dijual dan memiliki harga cukup mahal dan susah untuk mendapatkannya karena langka sehingga air berlimpah yang sudah kotor menjadi percuma.
3. Air menjadi salah satu sumber penyakit menular karena kondisinya kotor dan mengandung banyak bibit penyakit.

Air yang sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup apabila sudah tercemar maka resikonya sangat besar. Termasuk menjadi salah satu penyebab kematian karena menjadi tempat bibit penyakit bersarang dan menular ke makhluk hidup. Hidup sehat menjadi sebuah hal yang sulit untuk didapatkan, maka penting sekali untuk berupaya mencegah polusi air tersebut terjadi, bahkan dengan cara sederhana sekalipun. 

0 komentar:

Post a Comment