Piala Menpora 2013 Diikuti Klub Papan Atas Australia


Dalam memeperingati Hari Olahraga Nasional 9 September, Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar sebuah turnamen bertaraf internasional bertajuk Piala Menpora 2013.

Turnamen Piala Menpora 2013 akan diikuti delapan klub yang dibagi dalam dua grup. Ada lima klub Indonesia yang turut berkompetisi, yakni Sriwijaya FC, Mitra Kukar, Arema Indonesia, Persepam Madura dan Persib Bandung.

Tiga peserta lainnya berasal dari A-League Australia dan United Football League Filipina, yakni Central Cost Mariners dan Loyola Meralco Sparks FC plus Timnas Malaysia U-23.

Sejatinya, turnamen ini digelar 12-18 September, namun berhubung jadwal Liga Super Indonesia (ISL) mengalami pengunduran, maka jadwal berubah menjadi 20-28 September di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung dan Stadion Kanjuruhan, Malang.

“Turnamen ini memang digelar dalam menyambut Hari Olahraga Nasional yang diperingati setiap tanggal 9 September atau bertepatan dengan PON I tahun 1948 di Solo. Ini adalah turnamen yang diikuti klub dari internasional. Turnamen semacam ini sebenarnya sering digelar di masa lalu," ujar Roy Suryo, Menteri Pemuda dan Olahraga, di Kantor Kemenpora, Selasa (2/9/2013) siang WIB.

Awalnya, Timnas Indonesia U-23 juga diundang di turnamen yang menyediakan total hadiah sebesar 1 miliar Rupiah tersebut. Namun, waktu penyelenggaraan berbenturan dengan Islamic Solidarity Games (ISG) di Palembang.

Pengunduran diri juga dilakukan Persipura Jayapura karena jadwal yang berdekatan dengan Perang Bintang ISL 2013. Satu klub dari Australia, Adelaide United, juga mengundurkan diri karena perubahan jadwal.

“Ide ini sebenarnya sudah lama. Awalnya, final direncanakan di Maguwoharjo, Sleman. Akibat satu dan lain hal, akhirnya digelar di Malang. Sempat juga berencana delapan klub yang ikut adalah empat besar ISL dan empat besar IPL. Namun, ada beberapa klub yang berhalangan atau tidak siap,” ia menandaskan.[yob]

Berikut pembagian grup Piala Menpora 2013:

Grup A (Bandung)

- Persib Bandung

- Central Cost Mariners

- Sriwijaya FC

- Timnas Malaysia U-23

Grup B (Malang)

- Arema Indonesia

- Loyola Meralco Sparks FC

- Mitra Kukar

- Persepam Madura

0 komentar:

Post a Comment