Indonesia vs Malaysia 1-1: Hasil & Klasemen Piala AFF U19 2013


Ilham Udin Armayn menjadi penentu hasil pertandingan Indonesia vs Malaysia di turnamen AFF U19 yang berkesudahan dengan skor 1-1. Hasil imbang ini sudah cukup membawa Garuda Muda lolos ke semifinal dengan mengumpulkan 10 poin, 2 angka lebih banyak daripada Malaysia. Di semifinal, timnas U-19 akan berhadapan dengan Timor Leste.

Babak pertama segalanya berjalan gelap untuk Garuda Muda. Meskipun terlihat dominan di bawah komando Evan Dimas, Indonesia tak bisa mengancam gawang lawan. Sebaliknya, sebuah umpan cantik mengacaukan barisan belakang timnas U-19. Muhammad Jafri menggiring bola tanpa kawalan, dan dengan mudah menaklukkan Ravi Murdianto di menit 19.

Gugup dan tertekan, Ilham Udin Armaiyn cs tak bisa berkembang. Sebaliknya, Malaysia cukup taktis dalam menyerang, sekaligus selalu mampu mengeblok setiap kali ada upaya menguji kiper Ahmad Syihan. Harimau Muda juga terlihat lebih andal dalam memainkan emosi lawan. Skor 0-1 bertahan hingga turun minum.

Babak kedua, pelatih Indra Sjafri memasukkan Maldini untuk menggantikan Hendra Sandi. Kebekuan mencair ketika Dinan Yahdian melepaskan tembakan di menit 52. Momentum berlanjut. Dari skema tendangan sudut, Evan Dimas melepaskan tembakan yang membentur tiang gawang. Ada Ilham Udin Armaiyn yang tinggal menyorongkan bola ke gawang kosong. 1-1.


Garuda Muda mulai terjaga setelah gol penyama kedudukan itu. Umpan-umpan semakin akurat, dan kecepatan yang diperagakan tidak mubazir belaka. Dua kesempatan emas beruntun didapatkan oleh Ilham Udin di menit 68, tapi masih mentah. Demikian pula aksi Maldini yang entah mengapa masih saja mudah diamankan Syihan selang tiga menit.

Tapi yang paling menyesakkan adalah peluang Hargianto di menit 75 kala ia sudah menchip bola, dan kiper Malaysia tak berkutik. Bola melebar, gawang Harimau Muda masih aman.

Skor akhir 1-1. Indonesia memastikan tiket ke semifinal sekaligus menantang Timor Leste, sang juara Grup A.

Indonesia: Ravi Murdianto; Mahdi Fahri Albaar, Putu Gede Juni Antara, M Sahrul Kurniawan, Dimas Soemantri; Hargianto, Zulfiandi, Evan Dimas (Paulo Sitanggang ’91); Ilham Udin Armaiyn, Hendra Sandi (Maldini ’48); Dinan Yahdian

Malaysia: Ahmad Syihan; M Syazwan, M Faris Shah, Adam Shafiq, Kannan Kalaisevlan; M Fauzan, Thanabalan Nadarajah, M Irfan M Alif Haikal; M Jafri, Adam Nor

0 komentar:

Post a Comment