Alfin Tuasalamony, Andalan Baru di Sayap Timnas Indonesia U23

Alfin Tuasalamony

Islamic Solidarity Games (ISG) 2013 yang digelar di Palembang memang melambungkan nama Alfin Tuasalamony. Pemain asal Maluku ini menjadi sayap kokoh baru andalan Timnas Indonesia U23. Pelatih Timnas Indonesia U23, Rahmad Darmawan (RD), pun menjadikan Alfin Tuasalamony sebagai pemain yang tak tergantikan selama gelaran ISG 2013 pada cabang sepakbola.

Alfin Tuasalamony membayar penuh kepercayaan yang diberikan RD kepadanya. Yang terbaru, pemain yang berkiprah bersama CS Vise di Liga Belgia ini mencetak gol lewat titik putih yang mengantarkan keunggulan sementara Indonesia dengan skor 1-0 atas Maroko pada babak pertama final ISG 2013 yang digelar Minggu (29/9/2013) malam di Stadion Gelora Jakabaring, Palembang.

Kiprah pemain bernama lengkap Alfin Ismail Tuasalamony ini di Timnas Indonesia memang sudah cukup lama. Pertamakali memperkuat tim Garuda sejak tahun 2007, yakni di Timnas Indonesia U16, kemudian berlanjut ke U17, U19, dan akhirnya menjadi andalan baru sebagai bek sayap kanan Timnas Indonesia U23 di ajang ISG 2013.

Bersama para pemain belakang tim Garuda Muda seperti Manahati Letusen, Andri Ibo, dan Diego Michiels, peran Alfin Tuasalamony memang cukup sentral untuk menangkal laju serangan dari rival-rival Timnas Indonesia U23. Tak hanya itu, Alfin Tuasalamony juga kerap membantu penyerangan dan melepaskan umpan matang ke depan gawang lawan.

Kiprah Alfin Tuasalamony bersama CS Vise pun cukup mengagumkan. Maka tak heran jika pemain jebolan tim SAD Indonesia ini dikabarkan pernah menjadi incaran sejumlah klub Eropa seperti tim Liga Italia Serie A yakni Bologna dan tim papan atas Portugal yaitu Benfica.

Tak hanya itu, pemain kelahiran 13 November 1992 yang sempat berlatih bersama klub A-League Australia, Brisbane Roar, ini dikabarkan akan direkrut oleh Inter Milan apabila pengusaha asal Indonesia, Erick Thohir, berhasil mengakuisisi klub raksasa Italia dan Eropa itu.

0 komentar:

Post a Comment