5 Gol Tercepat Liga Champions


Kecepatan sebuah tim dalam mencetak gol berdampak besar dalam meruntuhkan mental bertanding lawan. Inilah lima catatan gol tercepat sepanjang sejarah Liga Champions.

Liga Champions adalah Kompetisi kasa tertinggi antar Benua Eropa. Sebanyak 32 tim terbaik saling bersaing dari babak grup hingga fase knock-out untuk memperebutkan titel tim terbaik Eropa.

Real Madrid tercatat sebagai tim yang paling banyak memenangkan Kompetisi ini dengan sembilan gelar. Namun, semenjak memenangkannya pada 2002 lalu, Los Blancos hingga kini belum bisa menghadirkan gelar kesepuluh di Estadio Santiago Bernabeu.

Karena dihuni oleh para tim-tim terbaik Eropa, tentunya hampir mustahil untuk menciptakan gol cepat. Pasalnya, tim lawan memiliki barisan pertahanan yang sudah pasti sangat kuat pula.

Namun, sejak berubah format menjadi Liga pada 1992 silam, ada beberapa tim yang berhasil menciptakan gol dengan catatan waktu di bawah satu menit. Inilah lima rekor tercepat Liga Champions.


1. Roy Makaay

Rekor gol tercepat Liga Champions saat ini masih dipegang oleh Roy Makaay dengan catatn waktu 1,10 detik. Gol tersebut Makaay ciptakan saat membela Bayern Munchen di pertandingan Liga Champions melawan Real Madrid pada 7 Maret 2007.

Gol tersebut tak lepas dari kesalahan bek Madrid, Roberto Carlos. Pemain asal Brasil itu gagal mengontrol bola dengan baik. Bola kemudian diambil Mehmet Scholl dan kemudian diumpan ke Makaay. Dengan tenang, Makaay menceploskan bola ke dalam gawang. Laga tersebut akhirnya berkesudahan 2-1 bagi kemenangan Madrid.


2. Gilberto Silva

Rekor gol tercepat kedua dicatatkan atas nama gelandang Arsenal, Gliberto Silva. Pemain asal Brasil itu mencetak gol tersebut di laga melawan PSV Eindhoven pada 25 September 2002 dengan catatan waktu 20.07 detik.

Thierry Henry menyisir dari sisi kanan pertahanan PSV dengan melewati tiga pemain. Kemudian, dia mengirim umpan silang datar dan dengan mudah dicocor masuk ke dalam gawang oleh Silva. Arsenal pun menang 4-0 di laga itu.


3. Alessandro Del Piero

Gol tercepat ketiga menjadi milik penyerang Alessandro Del Piero. Pemain asal Italia itu mencetak gol kilatnya ke gawang Mancehster United dengan catatan waktu 20.12 detik pada 1 Oktober 1997.

Del Piero membawa bola dari sisi kanan pertahanan MU. Pemain bernomor punggung 10 itu kemudian melakukan gerakan memutar mengelabui Phillip Neville dan menyarangkan bola ke pojok kanan gawang. Sayang Juve kalah 3-2 di laga tersebut.


4. Clarence Seedorf

Gol tercepat keempat dipegang oleh Clarence Seedorf dengan catatan waktu 21 detik di pertandingan melawan Schalke 04 pada 29 September 2005. Pertandingan ini berkesudahan sama kuat yakni 2-2.


5. Alexandre Pato

Gol tercepat sepanjang sejarah Liga Champions kelima dicatatkan oleh Pato pada laga kontra Barcelona pada 14 September 2011 dengan catatan waktu 24 detik.

Pato mencetak gol tersebut dengan cara spekatkuler. pemain berkebangsaan Brasil itu membawa bola dari tengah lapangan dan melewati lima pemain bertahan Barcelona. Dengan tenang, dia menyungkil bola melewati Victor Valdes. Laga itu akhirnya berkesudahan sama kuat 2-2.

0 komentar:

Post a Comment