10 Logo Paling Terkenal di Dunia


Logo merupakan suatu bentuk gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu yang mengandung makna dari suatu perusahaan, organisasi atau produk.

Sebuah logo juga harus memiliki filosofi dan kerangka dasar berupa konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri sendiri atau independen.

Logo lebih lazim dikenal oleh penglihatan atau visual dengan tanda warna dan bentuk. Desain logo yang atraktif, menarik, elegan akan mudah dikenal dan diingat dan mungkin menjadi terkenal sehingga menjadi suatu merek dagang atau hak paten dan tidak menutup kemungkinan dapat memperoleh keuntungan dari logo tersebut.

Berikut 10 logo yang sering kita jumpai dan menjadi terkenal di seluruh dunia:


Di era 1930-an, masyarakat Jerman tidak semuanya mampu membeli mobil yang pada masa itu dikuasai oleh sejumlah mobil mewah seperti Mercedes Benz, BMW, dan Audi. Oleh karena itu pemerintahan Nazi di bawah kepemimpinan Adolf Hitler mendirikan Volkswagen pada 1937.

Dalam bahasa Jerman, 'Volkswagen' berarti 'mobil rakyat', karena awalnya produksi mobil ini memang ditujukan untuk rakyat.

Dalam perjalanannya, Volkswagen atau kerap disebut VW, mendapat tempat di hati masyarakat Jerman karena mobil ini dapat mengangkut lima orang, memiliki kecepatan 100km/jam, 'hanya' menghabiskan 14 km/liter dan harganya yang tidak lebih mahal dari motor yang mempunyai bangku penumpang di sampingnya.

Setelah Perang Dunia II, Volkswagen memproduksi mobil secara masal, pada masa itu masih VW Beetle yang diproduksi. Bahkan banyak tentara Inggris yang membawa VW Beetle ini pulang ke 'kampung halamannya' seusai Perang Dunia II. Inilah yang kemudian menjadi cikal bakal berkembangnya mobil ini ke seluruh dunia.

Hingga kini, pamor mobil Volkswagen dan berbagai variannya, seperti VW Beetle, VW Cabriolet, VW Combi, VW Karman Ghia semakin terkenal dan menjadi barang simpanan.

Logo VW yang sederhana tetapi cepat dikenal didesain oleh Franz Xaver Reimspiess dari sebuah kompetisi.


McDonald’s adalah restoran cepat saji terbesar di dunia yang didirikan oleh dua bersaudara Richard dan Maurice McDonald pada 15 Mei 1940 di San Bernardino, California, AS. Pada 1955, pengusaha Ray Kroc membeli hak restoran dan diperluas ke seluruh dunia.

Kini McDonald’s telah membuka lebih dari 30 ribu restoran di seluruh dunia, maka tidak mengherankan jika semua orang kenal dengan logo McDonald’s yang dilambangkan dengan huruf 'm' melengkung dan berwarna kuning.

Di beberapa negara, McDonald’s dianggap sebagai bagian dari Amerikanisasi dan imperialisme budaya Amerika.


Siapa yang tidak kenal dengan Disney, atau kependekan dari The Walt Disney Company, perusahaan yang bergerak di industri animasi.

Didirikan oleh Walt Disney pada 16 Oktober 1923 yang memproduksi film kartun yang ditayangkan di televisi. Mickey Mouse adalah tokoh yang pertama kali diciptakan dan sekaligus menjadi maskot Walt Disney.

Logo Walt Disney adalah sebuah tanda tangan pemiliknya (Walt Disney) dan digunakan sebagai sebuah logo perusahaan. Desain tulisan pada logo Walt Disney tidak pernah berubah dari dahulu, hanya ada penambahan sedikit sesuai dengan perkembangan dan kebutuhannya.

Logo Walt Disney mudah dikenal dan diingat dengan perpaduan huruf-huruf yang aktraktif, menarik, unik dan melambangkan sebuah terobosan teknologi pada zamannya.


Adidas adalah merek dagang dengan hak paten yang sudah terkenal di seluruh dunia. Merk terkenal ini diciptakan pertama kali oleh Adi (Adolf) Dassler yang kemudian disingkat menjadi dari Adidas pada 1920-an.

Di awal perkembangannya, Adidas didukung oleh media televisi, radio dan berbagai olahraga seperti Olimpiade atau sepakbola. Logo Adidas mengalami tiga kali evolusi yaitu pada 1948 dengan desain sepatu di tengahnya serta mencantumkan nama Adolf Dassler.

Pada 1972, logo Adidas diubah seiring pecah kongsi antara Adolf Dassler (Adidas) dan saudaranya Rudolf Dassler (pendiri Puma), logo ini mengusung semangat olimpiade dengan tiga daun terangkai yang menggambarkan tiga benua.

Dan yang terakhir pada 1996 hingga kini logo Adidas mengalami modernisasi desain dengan menerapkan konsep 'We knew then-we know now' dengan tiga balok yang miring membentuk tanjakan yang dapat digambarkan sebagai kekuatan, daya tahan dan masa depan.


Logo Recycling ini sering sekali kita jumpai dibeberapa produk yang dapat didaur ulang seperti plastik, kertas, kaca, logam, tekstil dan sebagainya. Sudah banyak perusahaan yang mencantumkan logo Recycling di produk-produk mereka, hal ini didasarkan oleh kepedulian kita akan lingkungan dan Bumi yang kita tinggali.

Logo Recycling ini berlaku secara internasional yang diciptakan oleh Gary Dean Anderson pada tahun 1970, dalam sebuah kompetisi untuk memperingati Earth Day (Hari Bumi) yang pertama.

Desain logo 'daur ulang' berbentuk tiga buah anak panah berwarna hijau yang didesain melengkung membentuk sebuah segitiga yang tidak berakhir atau berbentuk mobius atau dalam bidang matematika dilambangkan sebagi infinity atau tidak terhingga.

Produk yang dilabeli dengan logo ini dapat berarti dapat dipakai berulang-ulang atau dapat didaur ulang menjadi produk yang lain.


Google adalah mesin pencari nomor satu di dunia maya. Hampir semua orang di muka Bumi ini mengenalnya. Terlepas dari semua kontroversinya, Google adalah perusahaan yang mempunyai perkembangan yang sangat pesat dalam satu dekade terakhir ini.

Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin saat masih mahasiswa doktoral di Universitas Stanford, AS, pada Maret 1996. Mereka kemudian menjadikan Google perusahaan swasta pada 4 September 1998.

Desain logo Google diciptakan oleh seorang arsitek bernama Ruth Kedar. Logo ini mempunyai konsep sederhana, minimalis, dinamis, modern dan mudah diingat dengan warna-warni yang cerah.

Saat ini Google telah menjadi website populer yang paling sering dikunjungi oleh pengguna internmet di seluruh dunia.


Nike yang berslogan 'Just Do It' hampir semua orang mengidentikannya dengan sepatu, meski kini Nike telah melebarkan sayapnya dengan mengeluarkan produk selain sepatu, seperti pakaian olahraga dan alat-alat olahraga. Sudah banyak atlet-atlet terkenal dunia yang disponsori oleh Nike.

Logo Nike sering disebut 'Swoosh' adalah sebuah desain yang diciptakan pada 1971 oleh Carolyn Davidson, seorang mahasiswi desain grafis di Portland State University, AS.

Filosofi dari Swoosh Nike diambil dari mitologi Yunani yang berarti Dewa Kemenangan. Logo Nike juga mengalami perubahan beberapa kali dan yang sekarang digunakan adalah tanda centang tanpa tulisan apapun dan telah menjadi merk dagang resmi perusahaan asal AS ini.


Mercedes-Benz adalah simbol kemewahan dan prestis. Perusahan otomotif asal Jerman ini memproduksi mobil, bus dan truk. Banyak yang berpendapat produk Mercedes-Benz termasuk dalam kategori produk 'mahal' karena menggunakan teknologi tinggi dan tingkat keamanan yang tinggi.

Mercedes-Benz pertama kali didirikan oleh Karl Benz, yang menemukan mobil berbahan bakar bensin pertama kali dunia. Brand ini dipatenkan pada tahun 1886 serta pertama kali memproduksi mobil pada 1926.

Logo dan nama Mercedes mempunyai cerita unik. Penamaan Mercedes berasal dari seorang pengusaha Austria, pecinta otomotif dan penjual mobil khususnya Daimler-Motored-Gesellschaft (DMG), Emil Jellinek. Dia memiliki seorang anak bernama Mercedes dan nama Mercedes sering digunakan dalam nama samarannya ketika sedang mengendarai DMG dalam kompetisi balap di Jerman.

Sedangkan logo Mercedes-Benz memiliki makna yang meliputi darat, laut dan udara. Sejatinya, Mercedes-Benz adalah merger dari dua perusahaan DMG dan Benz & Cie yang kemudian menjadi Mercedes Benz dengan logo bintang palang tiga dalam lingkaran yang diperkenalkan pada 1937.


Coca-Cola adalah minuman ringan berkarbonasi yang dijual di toko, restoran, dan mesin penjaja di lebih dari 200 negara. Minuman ini diproduksi oleh The Coca-Cola Company asal Atlanta, Georgia, AS.

Coca-Cola pertama kali diperkenalkan pada tanggal 8 Mei 1886 oleh John Styth Pemberton, seorang ahli farmasi dari Atlanta. Dialah yang pertama kali mencampur sirup karamel yang kemudian dikenal sebagai Coca-Cola.

Frank M Robinson, sahabat sekaligus akuntan Pemberton, menyarankan nama Coca-Cola karena berpendapat bahwa dua huruf C akan tampak menonjol untuk periklanan. Kemudian, dia menciptakan nama dengan huruf-huruf miring mengalir, dan lahirlah logo paling terkenal di dunia ini.


Apple Inc adalah perusahaan multinasional yang berpusat di Silicon Valley, Cupertino, California, AS, dan bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan penjualan barang-barang yang meliputi elektronik konsumen, perangkat lunak komputer, serta komputer pribadi.

Apple didirikan pada 1 April 1976 oleh Steve Jobs, Ronald Wayne, dan Steve Wozniak. Apple Inc diinkonporasikan menjadi Apple Computer Inc pada 3 Januari 1977. Kemudian pada 9 Januari 2007, kata 'Computer' dihapus untuk mencerminkan fokus Apple terhadap bidang elektronik konsumen pasca peluncuran produk iPhone.

Logo Apple mengalami beberapa kali perubahan sesuai dengan perkembangan zaman. Di awal kemunculannya di tahun 1976 logo Apple menggambarkan seorang Issac Newton yang sedang duduk di bawah pohon dan terlihat sebuah apel menggantung di pohon kemudian diberi judul 'Newton Crest'.

Bertahan selama satu tahun, logo Apple kemudian berganti desain, lebih sederhana dan modern yaitu sebuah apel yang telah digigit dengan garis-garis warna yang cerah dan diberi judul 'Rainbow'.

Logo Apple yang sekarang dengan judul 'The Monokrom' memiliki desain yang lebih elegan, futuristik, modern tetapi tidak melupakan kesederhanaannya dan mudah diingat. Logo ini diberi warna abu-abu solid yang diberi sentuhan glosi serta lebih eye-catching.

0 komentar:

Post a Comment