188

Jawa Timur Tuan Rumah AFF U-19 dan Piala Asia U-19

Headline

Surabaya - PSSI akhirnya menunjuk Jawa Timur sebagai tuan rumah Kejuaraan AFF U-19. Event ini akan mulai bergulir pada September 2013.

Hal ini diungkapkan ketua umum PSSI, Djohar Arifin Husin, di sela-sela pelantikan Asosiasi Provinsi Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (5/8/13).

Selain menjadi tuan rumah Kejuaraan AFF U-19 2013, Jawa Timur juga ditunjuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Asia U-19, yang rencananya digelar pada bulan Oktober 2013.

“Setelah itu pada akhir tahun, klub asal Amerika Serikat DC United, yang sedang melakukan lawatan ke Indonesia, rencananya bertanding di Surabaya dan Bandung,” kata Djohar.

Pembinaan sepak bola di Jawa Timur serta status Jawa Timur sendiri sebagai salah satu barometer sepak bola Indonesia menjadi alasan PSSI dalam menentukan tuan rumah.

“Sebagai buktinya, banyak tim-tim asal Jatim yang berlaga di kompetisi sepak bola nasional di semua semua tingkatan, mulai Divisi dua hingga Liga Super,” Ketua Umum menambahkan.

Djohar menjelaskan, persebaran penyelenggaraan event internasional diharapkan mampu memacu perkembangan sepak bola nasional secara merata. Jika sebelumnya pertandingan dan event internasional lebih sering diadakan di Ibukota, kini beberapa kota seperati Solo, Palembang dan kota-kota lain di Jawa Timur kebagian tugas menggelar event internasional.

Salah satunya dengan menggelar laga uji coba Timnas Indonesia melawan Filipina pada 14 Agustus nanti di Solo.

Sedangkan Surabaya sendiri terakhir kali menggelar laga internasional adalah saat Persebaya 1927 menghadapi Queens Park Rangers di Stadion Gelora Bung Tomo pada 2012 lalu.

Sementara itu, kepada pangurus PSSI Jatim yang diketuai Bambang Pramukantoro, Djohar meminta pengurus untuk mensinergikan pengembangan sepak bola regional dengan nasional, dengan tujuan akhir menciptakan pemain-pemain tim nasional yang tangguh.

“Tugas pengurus PSSI Jatim sangat berat, karena selama ini Jatim telah menjadi kiblat sepak bola di Indonesia. Untuk itu, dibutuhkan kerja keras untuk memajukan prestasi ke depan,” ujarnya.

Pengurus baru periode 2013-17 ini sebenarnya sudah terpilih sejak Mei lalu dan mengantongi Surat Keputusan bernomor SKEP/71/JAH/V/2013 per 21 Mei 2013. Namun pelantikan baru bisa dilaksanakan hari ini.

0 komentar:

Poskan Komentar