PERSIB Curi Satu Poin di Demang Lehman

PERSIB Curi Satu Poin di Demang Lehman

Laga lanjutan Indonesia Super League (ISL) 2012-2013 antara Barito Putra menjamu PERSIB di Stadion Demang Lehman Martapura, Jumat (26/7) berakhir imbang 2-2.

Sejak peluit babak pertama berbunyi, kedua kesebelasan langsung melakukan skema menyerang, terutama Barito sebagai tuan rumah yang lebih sering menekan jantung pertahanan PERSIB melalui pemain menyerangnya Coulibaly Djibril di menit-menit awal.

Serangan demi serangan melalui dua pemain Barito yakni, Djibril dan Konate Makan cukup merepotkan Abanda Herman Cs, namun serangan yang dibangun anak asuh Salahudin masih dapat dipatahkan oleh penjaga gawang I Made.

Menit ke 17, Konate Makan memecah kebuntuan, salto yang dilakukannya setelah memanfaatkan kesalahan barisan pertahanan PERSIB yang dikawal Maman Abdurahman Cs berbuah gol, skor pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Berselang 9 menit dari gol tuan rumah, di menit ke 26, Abanda Herman sukses menyamakan kedudukan setelah beradu bola atas dengan Daewon Ha. Umpan tendangan bebas Tony Sucipto itu pun mengoyak gawang Barito Putra yang dijaga Dina Agus Prasetyo. Abanda pun langsung selebrasi dengan sujud sukur.

Kedua kesebelasan semakin bermain lepas dan cepat. Serangan yang dibangun Sergio van Dijk dkk menggempur pertahanan Laskar Antasari masih belum berbuah gol. Menit ke 33 Firman Utina  harus di ganjar kartu kuning setelah mengganjal Dedi Hartono.

Kemelut di muka gawang PERSIB terjadi di menit ke 35, bahkan wasit harus menunjuk titik putih akibat hansball yang dilakukan Abanda Herman. Djibril yang melakukan eksekusi sukses memanfaatkan peluang tersebut di menit ke 36, skor pun menjadi 2-1 untuk keunggulan Barito Putra.

Tertinggal satu gol, skema serangan terus dilakukan anak asuh Djadjang Nurdjaman, namun hingga turun minum serangan yang dilakukan tidak berbuah gol. Skor pun tidak berubah, 2-1 atas kemenangan Barito Putra.

Di babak kedua, tuan rumah semakin percaya diri, Konate Makan dkk di menit awal langsung menekan Maung Bandung melalui berbagai umpan-umpan pendek. Menit ke 50 PERSIB melakukan pergantian pemain, Firman Utina ditarik keluar oleh Djadjang Nurdjaman dan memasukkan Mibda Messi.

Mendapat tenaga baru, tim berjuluk Pangeran Biru ini enggan terus ditekan, mereka mencoba melakukan serangan dan upaya tendangan percobaan di luar kotak penalti oleh Mibda Messi di menit ke 62 masih dapat dipatahkan oleh penjaga gawang Dian Agus Prasetyo.

Djadjang Nurdjaman kembali mengganti penggawanya, kali ini ia memasukkan Kenji di menit 67 untuk mengganti M Ridwan, namun hal itu belum dapat membuat kemelut di gawang Barito Putra.

Pergantian pemain terjadi di kubu Barito Putra, Pelatih Salahudin memasukkan Yongki Aribowo di menit ke 70 dan menarik pemain nomor 23 Dedy Hartono. Pergantian itu membuat barisan pertahanan PERSIB kerepotan.

PERSIB kembali melakukan pergantian, menit 82 Asri Akbar keluar dan memasukkan Atep. Pergantian ini tampak merubah skema PERSIB yang lebih gencar menyerang, barisan pertahanan Barito pun tampak direpotkan oleh aksi-aksi Atep Cs.

Serangan itu pun berbuah peluang. Menit 83 Hilton Moriera diganjal oleh Amirul Mukminin tipis di luar kotak penalti Barito Putra. Namun, tendangan bebas yang dilakukan Hilton masih membentur pagar pertahanan barito putra.

Menit 87 Mibda Messi sukses menyamakan kedudukan, setelah mendapat umpan dari Kenji, skor pun berubah menjadi 2-2. Empat menit berselang, Sergio van Dijk sukses menembus pertahanan Barito Putra dan melakukan umpan pendek kepada Kenji, bola yang sukses ditendang Kenji usai berduel dengan penjaga gawang Barito, dianulir karena dinilai terjadi pelanggaran.

Hingga peluit panjang ditiup, skor tidak berubah. PERSIB harus puas berbagi poin dengan Barito Putra dengan skor 2-2. Hasil akhir ini pun membuat PERSIB tetap bertengger di posisi empat klasemen dengan poin 55, sedangkan Barito di posisi enam dengan raihan poin sebanyak 49.

Susunan Pemain

Barito Putra: Dian Agus Prasetyo, Henry Njobi, Daewon Ha, Agus Cima, Fathul Rahman, Konete Makan, Amirul Mukminin, Lucky Wahyu, Dedy Hartono, Rizky Rizaldi Pora, Djibril Coulibaly.

PERSIB: I Made Wirawan, Tony Sucipto, Maman Abdulrahman, Abanda Herman, Supardi, Asri Akbar, Firman Utina, Hariono, Muhammad Ridwan, Sergio van Dijk, Hilton Moreira. ***

Sumber: Persib.co.id

0 komentar:

Post a Comment