Hasil Skor Borussia Dortmund vs Bayern Munchen Piala Super Jerman 2013


Marco Reus mencetak 2 gol untuk menjadi pahlawan timnya untuk merebut DFL Super Cup 2013 setelah mencetak gol penentu kemenangan dalam pertandingan Borussia Dortmund vs Bayern Munchen skor 3-2. Bermain di Westfalenstadion, BVB berhasil membalikkan semua ramalan, menggugurkan mimpi Pep Guardiola merebut gelar resmi pertama untuk Bayern Munich, dan membalas dendam kekalahan di final Liga Champion 2013 selang tiga bulan lalu.

Sama seperti beberapa pertandingan pramusim, Pep Guardiola memakai formasi 4-1-4-1 untuk memulai era baru Bayern Munchen dengan tumpuan kekuatan pada Thiago Alcantara. Sementara itu, Juergen Klopp, seperti yang sudah-sudah, mendorong Ilkay Gundongan lebih maju dalam formasi khas Borussia Dortmund, 4-2-3-1.

Meski tak bisa memamerkan para rekrutan anyarnya, Dortmund malah lebih dahulu unggul daripada sang rival. Menit 6, Robert Lewandowski mengirim umpan silang yang ditanduk oleh Sven Bender. Tom Starke yang semestinya mudah menangkap bola tersebut justru meninjunya. Marco Reus ada di posisi tepat untuk menghukum ‘ulah’ kiper kedua Munich.

Bayern Munchen berusaha bangkit dengan kesempatan perdana mereka via Xherdan Shaqiri di menit 10. Tapi, upaya kubu Allianz Arena menyamakan keadaan selalu terbentur oleh determinasi pasukan Hitam-Kuning yang langsung menekan setiap kali ada pemain lawan yang membawa bola. Belum lagi ketangkasan Roman Weidenfeller dalam mengamankan gawang. Alhasil, penguasaan bola yang coba diandalkan Munich seperti membentur karang yang begitu tebal.

Tertinggal 1-0 hingga turun minum, Bayern Munich tidak putus asa. Lalu, hadirlah dua momen yang membuat perasaan berjungkir balik. Arjen Robben berhasil mengoyak gawang Dortmund di menit 54 lewat tandukan memanfaatkan umpan silang Philipp Lahm. Tapi kebahagiaan Munchen itu bagai kembang api karena semenit kemudian, Daniel Van Buyten menyarangkan gol ke gawang sendiri ketika berupaya menghalau umpan Ilkay Gundogan.

Dan jarak benar-benar melebar ketika Ilkay Gundogan mencetak gol ketiga Dortmund. Berlari menerobos barisan pertahanan lawan, ia mengecoh Thomas Mueller yang mati langkah. Sang gelandang melepaskan tembakan terarah ke sudut jauh yang tak bisa diapa-apakan lagi oleh Tom Starke.

Bayern sempat memperkecil kekalahan di menit 63. Arjen Robben sekali lagi menerima umpan cantik dari sisi kanan oleh Philipp Lahm. Dan sekali lagi pula ia menjebol gawang Dortmund. Pep Guardiola kemudian menyuntikkan Bastian Schweinsteiger dan Claudio Pizarro untuk menambah daya gedor Munchen.

Puncaknya, Marco Reus membunuh pertandingan di menit 86 dalam sebuah peristiwa ‘heroik’. Thiago Alcantara kehilangan bola, Aubameyang berlari membawa bola sebelum mengirimkannya kepada sang penyerang Jerman untuk mencetak gol keduanya malam ini.

Skor akhir 4-2. Bayern Munchen tenggelam dalam pesona Dortmund yang cuma butuh kurang dari tiga bulan untuk melupakan malam kelam di Wembley.

Gol: Marco Reus ’6 dan ’86, Daniel Van Buyten (b.d.) ’56, Ilkay Gundogan ’57/Arjen Robben ’54 dan ’63)


Borussia Dortmund (4-2-3-1): Weidenfeller -Großkreutz, Hummels, Subotic, Schmelzer – Sahin, S. Bender(Kehl ’46) – Blaszczykowski (Aubameyang ’72), Gündogan Sokratis ’87), Reus – Lewandowski

Bayern Munchen (4-1-4-1): Starke – Lahm, Boateng, van Buyten, Alaba – Thiago – Robben, T. Müller, Kroos (Dante ’88), Shaqiri (Schweinsteiger ’67)- Mandzukic (Pizarro ’75)’

0 komentar:

Post a Comment