Hasil Ghana vs Irak, Perebutan Tempat Ketiga Piala Dunia U-20 2013

Selain menemukan Hasil Prancis vs Uruguay Pada laga final Piala Dunia U-20 2013, Juga mempertemukan laga panas antara Ghana vs Irak, Perebutan Tempat Ketiga Piala Dunia U-20 2013.

Hasil Ghana vs Irak, Perebutan Tempat Ketiga Piala Dunia U-20 2013
Ghana vs Irak, Perebutan Tempat Ketiga Piala Dunia U-20 2013
Joseph Atamah, Ebenezer Assifuah, dan Frank Acheampong menjadi penentu hasil pertandingan Ghana vs Irak pada perebutan tempat ketiga Piala Dunia U-20 2013 yang berakhir dengan skor 3-0. Hasil Piala Dunia U-20 Turki ini membuat Ghana berhasil meraup status juara tiga, sementara Irak yang sepanjang turnamen meraih simpati penggila bola, harus terkulai di peringkat empat.

Sama-sama terluka di semifinal, Ghana harus menyaksikan diri mereka tertelan oleh serangan Irak pada awal babak pertama. Tusukan-tusukan, terutama dari sisi kanan pertahanan wakil Afrika cukup membuat mereka kerepotan. Beruntunglah para bek Satelit Hitam tampil tangguh, terutama sosok Joseph Atamah. Sebaliknya pergerakan Frank Ocheampong sukses dimatikan oleh Ali Adnan.

Namun, bukan Irak yang mencetak gol terlebih dahulu. Efektivitas lebih penting daripada sekadar intensitas tanpa ujung. Setelah upaya Ebenezer Assifuah melebar dari gawang Mohammed Hameed, menit 34, berawal dari tendangan sudut Moses Odjer, Joseph Atamah menanduk bola yang bersarang ke sudut jauh gawang Irak. Gol yang barangkali layak untuk penampilan Si Nomor 4.

Irak berusaha mengejar ketertinggalan, tapi mereka tak punya cukup daya gedor untuk menembus pertahanan Ghana. Sebaliknya, tim Afrika kembali menebar ancaman via Assifuah (’37) yang berhasil diselamatkan oleh Hameed.

Keunggulan melebar untuk Ghana pada injury time babak pertama. Ebenezer Assifuah yang sepanjang 45 menit kerap memberi ancaman, akhirnya mencetak gol juga. Akselerasi briliannya memudahkan Nomor 17 ini membuka ruang, melepaskan tembakang silang, dan menggenapkan golnya sepanjang turnamen ke angka 6.

Paruh kedua, Irak masih berusah amencari gol. Namun, tembakan bebas Ali Faez Atiyah masih terlalu ‘tepat sasaran di menit 49. Demikian pula aksi Humam Tariq selang empat menit yang masih aman di tangan Richard Ofori’. Sementara itu, Ghana mencoba memanfaatkan serangan balik dan memperkuat pertahanan, menghadapi lawan yang daya gedornya tak terlalu mumpuni.

Jarak kemudian semakin jauh saja ketika Frank Acheampong menerima umpan terobosan Clifford Aboagye dan menyelesaikannya dengan sempurna melewati kiper Hameed yang sudah tak bisa berbuat banyak di menit 78.

Tak ada waktu lagi untuk Irak. Skor 3-0 tak berubah, dan Ghana meraih podium di Turki.

Ghana: 16-R. Ofori; 21-P. Addico (13-Nketiah ’64), 14-L. Lartey, 4-J. Attamah, 5-A. Baba; 8-S. Seidu, 19-M. Odjer (18-Anaba ’64); 10-C. Aboagye, 7-F. Acheampong, 17-E. Assifuah-Inkoom; 15-K. Ashia (9-Francis Narh ’82)

Pelatih: Sellas Tetteh

Irak: 20-Mohammed Hameed; 14-Mustafa Nadhim, 15-Dhurgham Ismail, 5-Ali Faez Atiyah, 3-Ali Adnan; 7-Jawad Kadhim (10-Mohammed Jabbar Shwkan ’79), 11-Humam Tariq, 6-Saif Salman, 9-Mahdi Kamil (19-Farhan Shukor ’55), 17-Ammar Abdulhussein (16-Ihab Kadhim ’69); 8-Mohannad Abdulraheem

Pelatih: Hakeem Shakir

0 komentar:

Post a Comment