Cara Memperbaiki Memory Card yang Rusak atau Tidak Terbaca


Biasanya memory card rusak pada bagian sistem, dan jarang sekali memory card rusak secara fisik. Beberapa penyebab utama dari kerusakan tersebut antara lain karena kita sering mengeluarkan dan memasukkan memory card karena tujuan transfer file dari komputer ataupun sebaliknya, bisa juga karena pengaruh dari medan magnet atau bisa juga karena panas. Biasanya hal tersebut akan menyebabkan memori corrupt /rusak sistemnya.
Bila sobat mendapatkan masalah seperti tadi yaitu kerusakan karena sistemnya sehingga membuat memory kita hang atau tidak bisa dibuka isinya maka langkah yang dapat sobat lakukan yakni dengan memformat nya. Adapun untuk memformat memory card berikut detailnya :
  • Silahkan lepas memory card sobat dari ponsel dengan mengikuti langkah atau aturan yang ada. Biasanya terdapat menu cabut atau kalau tidak bisa mematikan hp sobat sebelum anda melepaskannya dari hp.
  • Kemudian masukkan memori card sobat pada card reader dan colokkan pada komputer/notebook.
  • Selanjutnya cari drive dari kartu memori anda, silakan lihat di windows explorer komputer.
  • Dan pastikan memory card sobat sudah terdeteksi, selanjutnya silakan klik kanan dan klik a€œformata€. Jika muncul pilihan format silakan pilih format file dengan type FAT dan tunggu hingga proses format complted.
  • Jika sudah berhasil di format sobat bisa mencobanya mengisi beberapa data a€œmusica€ dari komputer kemudian masukkan dan tes di HP sobat. jika berhasil maka memory card sobat sudah normal kembali.
Namun apabila gagal dengan menggunakan cara diatas a€œmuncul pesan errora€ maka bisa menggunakan cara lain seperti berikut ini :
  • Pertama silahkan masukkan memory card sobat di card reader komputer, kemudian klik Start -> Run -> ketik €œcmda€  tanpa dan enter (OK) seperti gambar dibawah ini
Cara Memperbaiki Memory Card yang Rusak
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul mode DOS prompt ketik FORMATA f: / FS:FAT (f=merupakan letak drive memory card, jika memory cardnya terletak di drive G maka sobat ganti dengan G) dan tunggu beberapa hingga proses selesai.
Jika munggunakan cara di atas masih tidak berhasil maka sobat bisa menggantinya dengan yang baru, dengan kata laen beli memory card baru

4 komentar:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. memorinya ga bisa di klik, di klik malah bikin ngelag komputernya. mohon sarannya gan, memori ane rusak berat

    ReplyDelete
  3. memori sya lebaca di hp tp di pc gx kebaca sama sekali..
    ada solusi gx gan sya perlu baget ni..
    no hp sya.082367000713

    ReplyDelete