Barcelona Juara La Liga Spanyol Musim 2012/2013

Barcelona Juara La Liga Spanyol Musim 2012/2013
Barcelona Juara La Liga Spanyol Musim 2012/2013


Meski belum bertanding, Barcelona sudah memastikan meraih gelar Liga Spanyol musim ini. Titel nomor 22 milik Blaugrana terasa spesial karena mereka terus berada di puncak klasemen sejak pekan pertama.

Barcelona mengawali upaya menjuarai Liga Spanyol musim ini dengan meraih kemenangan besar atas Real Sociedad dengan skor 5-1, sementara Madrid cuma bermain imbang 1-1 dengan Valencia. Hasil di pekan pertama itu langsung menempatkan skuat besutan Tito Vilanova di puncak klasemen.

Lionel Messi kemudian melanjutkan hasil tersebut dengan kemenangan demi kemenangan lain. Berturut-turut mereka mengandaskan Osasuna, Valencia, Getafe, Granada dan Sevilla. Memasuki pekan keempat kompetisi, Barcelona sudah unggul delapan poin dari El Real.

Rentetan kemenangan Barcelona tersebut baru terhenti di pekan ketujuh, saat di Camp Nou Barca bermain imbang 2-2 dengan Madrid. Tapi hasil imbang tersebut tak mengubah posisi Barca di puncak klasemen.

Barcelona kemudian malah mencatatkan rekor baru di Liga Spanyol saat mereka menuntaskan paruh pertama musim dengan catatan 18 kemenangan dan sekali imbang. Belum pernah ada klub yang punya statistik awal musim sebaik itu sebelumnya.

Di paruh musim tersebut jarak Barcelona dengan Madrid sudah menjurang 18 poin, sementara atas Atletico Madrid ada 11 poin yang jadi pembeda. Meski kompetisi masih panjang, saat ituA Blaugrana sudah dianggap tak terkejar lagi.

Penampilan Barcelona sedikit menurun di paruh kedua musim karena mereka kembali kalah atas Real Sociedad dan dipaksa imbang empat kali oleh lawan-lawannya. Namun karena sudah menciptakan keunggulan jauh di posisi teratas klasemen, Barca tetap tak tergoyahkan.

Hingga akhirnya dinihari tadi, di pekan 35, Barca resmi dinyatakan sebagai juara La Liga musim 2012/2013 menyusul hasil imbang Madrid saat bertamu ke Espanyol. Barca pun jadi juara dengan terus berada di posisi teratas klasemen sejak pekan perdana.

Ini bukan kali pertama ada klub yang jadi juara dengan menguasai puncak klasemen sejak pertandingan pertama liga. Musim 1984/1985 Barca juga pernah melakukannya, selain itu Madrid pun punya catatan serupa di musim 1987/1988. Demikian diberitakan Marca.

0 komentar:

Post a Comment