Perbandingan CB150R VS New Vixion 2013 | Harga Desain Mesin


Honda CB150R StreetFire VS Yamaha Vixion 2013 - Indonesa tahun 2013 ini kehadiran dua motor Sport Terbaru yakni Yamaha New V-Ixion dan CB150R StreetFire. Jika kita bandingkan CB150R StreetFire dan New Vixon kedua motor keren ini yang manakah lebih baik dan lebih laku ? Mungkin anda akan bingung jika dipilih untuk membeli satu diantara dua motor ini CBR atau Vixion.

Perbandingan CB150R VS New Vixion 2013 | Harga Desain Mesin


Yamaha New V-Ixion dan Honda CB150R StreetFire diluncurkan dalam waktu yang hampir bersamaan di bulan Desember. Honda lebih dulu meluncurkan CB150R di tanggal cantik 12-12-2012, sedangkan Yamaha menyusulnya di 15 Desember 2012.

Perbandingan Desain CBR VS Vixion


Kalau kita melihat sisi bentuk atau desain Honda CB150R StreetFire ini mengusung desain "speedy shape" berkarakter tajam, berkesan ramping dan ringan sebagai cerminan dari motor sport berperforma tinggi yang membangkitkan aura kecepatan.

Desain Honda CB150R VS Yamaha New Vixiion

Bentuk Band Honda Cb150r dan Vixion



Garis desainnya seirama dan menyatu serta mengalir mulai dari lampu depan hingga spakbor belakang, sehingga menunjang tampilan keseluruhan yang sporti dan agresif.

Sementara untuk Yamaha New V-Ixion, hadir dengan desain gagah dab lampu baru dengan sporti visor. Bagian belakangnya tampi bbaru dengan pelek dan ban lebih besar.

Pada bagian samping terlihat lebih artistik dimana kekuatan bodinya memiliki sudut-sudut tajam seperti aerodinamic device, terlihat berotot dan solid di bagian depan namun tetap lancip dibagian belakang.

Perbandingan Spesifikasi Mesin

Walaupun sama-sama 150 cc, Honda CB150R dan Yamaha New V-Ixion punya beberapa perbedaan mendasar pada spesifikasi. 

CB150R menawarkan karakter overbore 63,5 x 47,2 mm, DOHC 4 klep berpendingin cairan transmisi 6 speed. Sedang New V-Ixion mengandalkan mesin lamanya, karakternya hampir square 57 x 58,7 mm, SOHC 4 klep berpendingin cairan transmisi 5 speed.

Pasokan bensin keduanya injeksi, hanya beda di detail dan kelengkapan sensor karena New V-Ixion sudah pakai 02 sensor, sedang CB150R belum. Aliran udara ke ruang bakar dikawal dengan throttle body (TB) 28 mm sedang CB150R lebih besar pakai TB 30 mm.

Nah... Kini saatnya dicoba lewat dua pengetesan yang berbeda. Pertama uji akselerasi pakai racelogic. Dan yang kedua langsung dinaikan ke atas dynamometer, untuk melihat power dan torsinya secara real dalam kondisi lingkungan yang sama dan mesin dyno yang sama pula.

Hasil tes akselerasi, StreetFire unggul dari Lightning. Dites pakai Racelogic oleh 1 tester berpostur 173 cm 65 kg di bawah 0-60 km/jam StreetFire hanya butuh 3,8 detik. Sementara Lightning perlu 4,1 detik. Jarak 201 meter CB150R unggul dengan 11 detik, berbanding V-Ixion 11,3 detik. Sementara jarak 402 meter ditempuh oleh CB150R hanya 18,2 detik sedang V-Ixion 18,4 detik.

Top speed keduanya beda tipis, andalan Honda 135 km/jam sedang Yamaha 132 km/jam, dites dengan trek 1 km. Data lain ada di bawah.. Silahkan dilihat dan dibandingkan.

Keunggulan CB150R ditunjang karakter mesin overbore yang melengking cepat di rpm menengah ke atas dengan nafas panjang, ditambah rasio 6 speed rapat plus rasio akhir ringan. Sedang V-Ixion cenderung rata, dari bawah sampai atas rpm naik stabil. Mengandalkan feeling, mesin CB150R terasa lebih bulat dan halus sementara V-Ixion sedikit kasar.

Tak cukup akselerasi dan top speed, kami juga penasaran dengan potensi mesin on wheel, Saat dites pakai dynamometer. Hasil mengejutkan Baik tenaga maupun torsi V-Ixion ternyata lebih besar dari CB150R!

Anda terkejut? Sama dong! Bahkan kami sampai mengukur di dua tempat berbeda. Pertama di-dyno milik Aerospeed, Jl. Haji Nawi 74, Jaksel. Kedua, di Sportisi Motorsport, Jl. Tenggiri 4A Rawamangun, Jaktim. Ternyata hasilnya identik, tetap lebih besar V-Ixion.

Tepatnya di dynamometer Dynojet 250i milik Sportisi tenaga V-Ixion 14,17 dk pada 8.850 rpm dan torsi 12,76 Nm pada 7.050 rpm. Sementara CB150R 13,45 dk pada 10.300 rpm torsi 10,83 Nm pada 7.800 rpm. Kedua motor kondisi standar pabrik dengan bahan bakar yang sama.

Lalu, ketika berbicara mengenai penjualan? Manakah diantara keduanya yang jawara? Ternyata bila melihat dari data distribusi yang dikeluarkan Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), V-Ixion masih terlihat dominan.

Dari data AISI, di Januari CB150R StreetFire mampu terdistribusi hingga 12.436 unit. Angka itu lebih kecil dari distribusi yang dibukukan oleh V-Ixion.

Yamaha di Januari lalu berhasil mendistribusikan V-Ixion model lama hingga 12.803 unit. Sementara model terbaru V-Ixion, New V-Ixion mampu terdistribusi hingga ke angka 18.894 unit.

Harga Honda Cb150R dan Yamaha New Vixion 2013


Untuk membeli motor CB150R Street Fire maupun NEW Vixion 2013 anda harus menyediakan uang Rp.23 Jutaan karena Harga Honda CBR 2013 = Rp22.350.000 sedangkan Yamaha Indonesia menyiapkan dua harga buat varian New V-Ixion. Model dengan kick starter dibanderol dengan harga sebesar Rp22,6 juta. Sementara New V-Ixion non kick starter dihargai Rp22,4 Juta.

Harganya masih kemahalan ? anda bisa mencoba melihat info Harga Honda Verza 2013 , motor sport dengan harga paling murah saat ini dari HONDA.

Referensi : Detikoto & MotorPLUS

Foto Detail Honda CB150R StreetFire dan Foto Detail New Vixion 2013

58 komentar:

  1. pilih YZR - M1

    ReplyDelete
  2. brooooooo vixsion ne ada kap samping blakang dan depan ny ngk, yg bawaan ny,,,,,,,,,,,,

    ReplyDelete
  3. cb gak ada pa nya,,,, yamaha sekain di depan.. yg lain ikut2an

    ReplyDelete
    Replies
    1. iraha kahareup na braiii...????!!!!!!

      Delete
    2. iraha kahareup na braiii...????!!!!!!

      Delete
    3. Liat yg juara dunia siapa.honda.kan bukan yamaha
      Yamaha emang semakin di depan tapi honda juaranya

      Delete
  4. cb gak ada pa nya,,,, yamaha sekain di depan.. yg lain ikut2an

    ReplyDelete
  5. Dari dulu jg mmg HONDA itu The REAL MONSTER...klo yamaha cm menang tampilan nya doang..isinya K.O.S.O.N.G
    hahahaaa...

    ReplyDelete
  6. CB150R !!

    Menurut saya Cb150r lebih gagah dri pd vixion

    ReplyDelete
  7. CB150R !!

    Menurut saya Cb150r lebih gagah dri pd vixion

    ReplyDelete
  8. yg pilih CB psti blm pernah liat penampakan kedua mtor ini scara lngsung. cma liat gambarnya doank...
    1000% mantav NVL mas bro...
    klo cb cungkring abiiz.

    ReplyDelete
  9. cb kayak verzam cuman beda monosohck

    ReplyDelete
  10. vxon dlwan sama simesin lawas mega pro geh..dah megap 2..hik..hik..

    ReplyDelete
  11. vxon dlwan sama simesin lawas mega pro geh..dah megap 2..hik..hik..

    ReplyDelete
  12. tu aj vixion 5 speed cuma beda jarak dkit doang dgn cb 6 speed.. gmn nntix klu vixion kluaran 6 speed mlawan cb.. mngkn cb nya udh ktinggalan 1 kcamatan.. hahahah

    ReplyDelete
  13. Saya tak pilih yg akselerasinya garang tp halus saja.. Honda cb150r

    ReplyDelete
  14. NVL edisi motogp hargana berapa , pengennnn....

    ReplyDelete
  15. kita lihat aja kalau GP Moto 2 itu Sering HONDA apa YAMAHA yang manggung di Nomor 1, kalau sering HONDA akau pilih HONDA kalau sering YAMAHA aku pilih YAMAHA, gitu BRO.

    ReplyDelete
  16. wow.. josss yamaha vixion selalu no.1

    ReplyDelete
  17. Sepeda lebih mantap bro,, hahahahhh

    ReplyDelete
  18. kalau mesin sih pilih CB150R ,tapi kalau model sepertinya masih bagus NVL

    ReplyDelete
  19. Aq pilih cb 150r.... Lebih mantap

    ReplyDelete
  20. Aq pilih cb 150r.... Lebih mantap

    ReplyDelete
  21. Cb ki pancen siip.gesit bgt..tp lha nvl kwi gagah pisan.jiampot tenan kok ro karone ki.podo apik'e je...pra bikers ojo padu ki motor lek jareku podo mantepe.leeekk jarekkuuu....hehehe

    ReplyDelete
  22. Vixion lebih maju teknologinya , dari kerangka dalam aja uda pake deltabox, kalo cbr bueh pake kerangka teralis . Bhahahaha

    ReplyDelete
  23. kerangka pake teralis,kaya penjara aja hahahahahah

    ReplyDelete
  24. kerangka pake teralis,kaya penjara aja hahahahahah

    ReplyDelete
  25. NVL mesinnya kayak gantung diri, di gantung sama delta box...
    CBR donk, mesinnya duduk di rangka nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah kehebatan teknologi yamaha, dengan rangka delta box, mesinnya terlihat seperti menggantung, coba tengok tuh, cb150 masa pake rangka teralis, kaya pagar dong???ha ha ha ha ha

      Delete
  26. yang pilih CB150R berarti ga pernah belajar dari pengalaman, emang pada ga tau, gmn nasibnya motor honda, mulai dari mega pro 1,mega pro primus, bahkan tiger revo sekalipun tangkinya pada bocor, nah ini si cb150r paling ntar juga kaya gitu, tangkinya bocor bro??wkwkwkwkwkkwkwkwkwkwk
    gua mah gah pake motor merk honda

    ReplyDelete
  27. kalo ak ttp vixion kalo cb150r tu kayak amben jeplok badinya... hahahahaha

    ReplyDelete
  28. kalo ak ttp vixion kalo cb150r tu kayak amben jeplok badinya... hahahahaha

    ReplyDelete
  29. jadi tambah bingung milih nya nih

    ReplyDelete
  30. Jangan sok gelap mata.. Ducati aja yang motor sport premium pke rangka tralis. Vixion anak bru aja.. Jgn sombong pke deltabox cbr 150 aja dari dlu dah deltabox bleh unggulin produk kebanggaan tpi jgn pke menghina yg lain..

    ReplyDelete
  31. halah gak usah saling ejek, mau beli apa nggak ,, pilihan sesuai seLera masing² ,, yg penting bisa beli cash ya :D hehe

    ReplyDelete
  32. sekarang motor no1..buat bisa dapetin cewek...

    se7 gak

    ReplyDelete
  33. YAMAHA VIXION TANGKINYA AJIIP HONDA CUMA JALAN DITEMPAT

    ReplyDelete
  34. Halah gan..... yg terpenting beli dulu itu motor! kalo udah punya baru koment yg jelas :V wkkwkw
    #Kabuurr pake CB150R "brum...brumm......" :D

    ReplyDelete