Orang Terkaya di Indonesia


Orang Terkaya di Indonesia
Orang Terkaya di Indonesia - Ada fakta yang menarik dari 40 orang-orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2012. Para orang kaya ini selain kaya karena warisan keluarga ada juga kaya karena berjuang membangun bisnis dari nol dan dari kalangan bawah. Hal ini membuktikan keberhasilan secara materi bisa diraih oleh siapa saja tanpa mengenal kelas sosial. Kerja keras pantang menyerah dan kelihaian untuk terus berusaha nampaknya kata kunci bagi para orang terkaya ini.

Misalnya Eka Tjipta Wijdaja, ia merupakan imigran asal China ke Indonesia. Eka Tjipta Widjaja, memulai usahanya dengan menjual biskuit, saat ia masih muda. Kini ia memiliki harta US$ 7,7 miliar atau Rp 73,15 triliun.

Ada juga Chairul Tanjung, merupakan pemilik CT Corp, terlahir dari keluarga kelas bawah. Saat masa sekolah bakat bisnisnya mulai terlihat, misalnya menjadi panitia penyelenggara tour sekolah, bahkan saat kuliah ia sudah sukses berbisnis foto copy. Ia pun kemudian merambah ke bisnis alat praktik kedokteran saat di kampus. Kini ia memiliki kekayaan yang ditaksir sebesar US$ 3,4 miliar atau sekitar Rp 32,3 triliun pada tahun 2012.

Sedangkan Boenjamin Setiawan yang merupakan pendiri dari Kalbe Farma. Ia pernah mengaku memulai bisnis farmasi dari sebuah garasi mobil. "Itu perusahaan bekas garasi. "Kalau mau memulai usaha dari garasi, ini dialami oleh pengusaha dunia lainnya, kenyataannya berhasil," kata Boenjamin.

Bisnis pertama Kalbe Farma, menurutnya diawali dengan membuat produk obat cacing. Dari keuntungan bisnis itu, ia putar lagi menjadi investasi dan seterusnya hingga besar seperti sekarang ini. Kini harta kekayaannyamencapai US$ 2,35 miliar atau Rp 22,3 triliun.
Selain itu ada orang terkaya Indonesia lainnya, Tahir yang ayahnya memiliki usaha membuat becak sempat berhenti sekolah medis di Taiwan karena ayahnya sakit. Ia kemudian belajar berbisnis di Singapura, dan memulainya di bank Mayapada. Istrinya, Rosy merupakan putri taipan dari Mochtar Riady. Tahir menduduki peringkat ke-12 dari 40 orang terkaya se-Indonesia. Harta kekayaan Tahir mencapai US$ 1,8 miliar atau Rp 17,1 triliun.

Orang terkaya di Indonesia lainnya, yaitu Martua Sitorus. Martua merupakan Chief Operating Officer perusahaan kelapa sawit terbesar Wilmar International. Sitorus yang berdagang udang waktu muda mendirikan Wilmar dengan keponakan orang terkaya di Malaysia, Kuok Khoon Hong.Martua berada di peringkat 15 orang terkaya se-Indonesia dengan harta kekayaan yang mencapai US$ 1,75 miliar atau Rp 16,62 triliun.

Sosok daftar orang terkaya di Indonesia lainnya yang memulai bisnis dari nol antaralain Murdaya Poo Murdaya Poo memulai karirnya menjual koran. Pemilik Jakarta Convention Centre (JCC) ini meraup banyak keuntungan dari 100 even per tahun yang diadakan di JCC tersebut. Kini ia berada di peringkat 19 dari 40 orang terkaya se-Indonesia. Murdaya Poo memiliki kekayaan US$ 1,5 miliar atau Rp 14,25 triliun. Selain itu, ada Djoko Susanto anak ke-6 dari 10 bersaudara ini ternyata tak lulus SMA/SLTA. Pada umur 17 tahun, Ia mulai mengelola warung-warung makanan. Dia juga menjajakan rokok dan membuka beberapa warung kelontongan.
Djoko fokus mengembangkan bisnis ritelnya. Adalah Alfamart yang kini menjamur di daerah sekitar tempat tinggal anda semua. Djoko berada di peringkat 20 orang terkaya di Indonesia. Djoko memiliki harta kekayaan hingga US$ 1,4 miliar atau mencapai Rp 13,3 triliun.

0 komentar:

Post a Comment