Mesin Pencarian Facebook (Graph Search)

Mesin Pencarian Facebook (Graph Search) - Keberhasilan Google dalam menciptakan mesin pencarian canggih, sekaligus menjadikannya Google Search sebagai mesin uang utama Google, ternyata telah menarik perhatian petinggi facebook untuk menciptakan teknologi mesin pencarian serupa. Pada tanggal 15 Januari 2013 kemarin, facebook meluncurkan sebuah mesin pencarian yang di beri nama "Graph Search". Lalu, akankah Facebook Graph Search menjadi pesaing Google?

Mesin Pencarian Facebook (Graph Search)

Selama ini telah terbentuk sebuah opini tersendiri bagi pengguna internet tentang mesin pencarian. Di Indonesia sendiri sudah kita kenal istilah "Mbah Google" yang mempresentasikan "Mbah Dukun" yang tahu segalanya. Istilah "Googling" juga sudah melekat di pengguna internet, yaitu sebuah usaha yang harus dilakukan manakala kesulitan mencari informasi yang di inginkan. Sebegitu besarnya opini inilah yang harus di ubah oleh Facebook Graph Search jika ingin menjadi pesaing Google Search.

https://www.facebook.com/about/graphsearch

Mengutip informasi pada link diatas, diketahui bahwa fitur baru Facebook Graph Search bertujuan untuk membantu pengguna dalam mencari informasi tentang orang, tempat, foto, kesukaan dan segala hal yang ada di Facebook. Jadi, bisa disimpulkan kalau fitur Facebook Graph Search hanya akan menampilkan data-data dari server Facebook saja. Jika demikian, maka ruang lingkup data yang bisa di akses oleh Facebook Graph Search sangat terbatas dibandingkan dengan Google Search yang menaungi seluruh informasi jagad maya. Lingkup hasil pencarian ini bisa diperkecil lagi tergantung settingan atau pengaturan dari masing-masing pengguna facebook. Sehingga hasil pencarian orang akan berbeda satu sama lainnya.

Your privacy choices determine what’s searchableWith Graph Search, you can look up anything shared with you on Facebook, and others can find stuff you've shared with them, including content set to Public. That means different people see different results.
Dari beberapa hal diatas, tentunya kecil sekali kemungkinan Facebook Graph Search akan menjadi pesaing Google dalam teknologi mesin pencarian. Belum lagi jika nantinya akses Facebook Graph Search hanya bisa dilakukan dalam posisi login.

Saat ini Facebook Graph Search masih dalam tahap Beta Version yang hanya bisa di gunakan oleh kalangan terbatas untuk audiens US. Bagi kamu yang tertarik untuk mencoba Facebook Graph Search, silahkan join daftar tunggu pada link diatas. Happy Blogging!

0 komentar:

Post a Comment