Cara Mudah Membuat Agar-agar Pelangi

Cara Membuat Agar-agar Pelangi - Agar-agar adalah zat berupa gel yang diolah dari rumput laut atau alga yang memiliki karbohidrat dengan berat molekul tinggi. Jenis rumput laut yang biasanya diolah untuk menjadi bahan utama agar-agar adalah dari jenis Eucheuma spinosum. Selain itu beberapa jenis rumput laut lainnya yang juga dapat dipakai sebagai sumber agar-agar adalah jenis Phaeophycophyta.

Pada umumnya agar-agar sudah dapat dinikmati setelah sebelumnya dilakukan pengolahan terlebih dahulu. Pengolahan bahan dasar agar-agar menjadi makanan siap saji atau biasa juga disebut puding memiliki banyak variasi, dan salah satu yang paling banyak diminati oleh masyarakat akhir-akhir ini adalah agar-agar pelangi atau biasa juga disebut puding pelangi.

Cara Membuat Agar-agar Pelangi

Cara Membuat Agar-agar

Pada kesempatan kali ini Ade putera akan mempublikasikan tentang cara membuat agar-agar pelangi. Tulisan ini sekaligus menjadi kelanjutan dari tulisan teardahulu, yaitu Resep Rainbow Cake yang sudah dipublikasikan pada postingan yang lalu.

Selain mempublikasikan informasi tentang cara membuat agar-agar, Anda juga akan disajikan informasi tentang resep agar-agar pelangi yang secara lengkapnya bisa Anda lihat dibawah berikut ini:

Resep Agar-agar Pelangi

1 liter Susu segar atau susu cair full cream
1 bungkus Agar-agar bubuk putih
250 gr Gula pasir
1 sendok teh Essence almond atau Essence lemon, sesuai selera
5 buah pewarna makanan, merah, orange, kuning, hijau, biru, sesuai selera
1 kaleng fruit cocktail, siap beli.

Cara Membuat Agar-agar pelangi

  1. Campur agar-agar, gula pasir, dan susu, masak sambil diaduk-aduk hingga mendidih.
  2. Matikan api, lalu masukkan essence almond atau essence lemon, sesuai selera kemudian aduk rata dan biarkan uapnya hilang.
  3. Bagi menjadi enam bagian dalam wadah berbeda, masing-masing beri pewarna makanan yang berbeda, aduk rata.
  4. Tuang satu per satu agar-agar kedalam cetakan. dengan cara tuang 1 agar-agar warna lalu tunggu sampai agak beku kemudian tuang agar-agar warna lainnya, lakukan sampai habis.
  5. Dinginkan dalam kulkas sampai saat akan disajikan. Jangan lupa, berikan topping buah kaleng atau vla sesuai selera sobat onliners.

Demikian resep dan cara membuat agar-agar pelangi yang bisa kami publikasikan kepada Anda pada kesempatan ini.

0 komentar:

Poskan Komentar