Profil Team Thailand Peserta Piala AFF 2012

Profil Team Thailand
Desember 2012

Pertandingan Thailand VS Singapura Final AFF SUZUKI Cup 2012 Leg 2, 22 Desember 2012


THAILAND

Tentang Profil Team Peserta Piala AFF
Team Thailand
Dua tahun lalu, banyak pengamat yang tak menduga jika Thailand gagal lolos kualifikasi grup di Piala AFF 2010. Setelah berbenah di sana-sini, target juara pun mereka usung di Piala AFF 2012 kali ini.

Kala itu Thailand padahal dianggap sebagai tim yang paling siap di antara tim lainnya. Hal tersebut --salah satunya-- terlihat dari bagaimana tim berjuluk "Gajah Putih" itu menyewa seorang legenda Inggris dan Manchester United, Bryan Robson, sebagai pelatih utama.

Tetapi, prediksi seringkali hanya berlaku di atas kertas. Faktanya memang demikian, hanya mampu meraih dua hasil seri atas Laos (2-2) dan Malaysia (0-0), serta satu kekalahan dari Indonesia (2-1), Thailand mesti menanggung malu karena tak lolos dalam babak kualifikasi. Robson pun langsung mengundurkan diri paska turnamen dengan alasan kesehatan.

Thailand sejatinya salah satu negara terkuat di Asia Tenggara. Bersama Singapura, Thailand adalah negara terbanyak yang mengoleksi gelar juara Piala AFF, yakni sebanyak tiga kali (1996, 2000 dan 2002). Terbanyak dibanding sembilan negara lain di kawasan ini.

Maka setelah kegagalan mengejutkan di AFF 2010 lalu, Federasi Sepakbola Thailand (FAT) pun langsung berbenah dengan menunjuk nama Winfried Schaefer sebagai pelatih dengan durasi kontrak selama tiga tahun.

Schaefer, kendati tak seterkenal Robson, bukanlah nama sembarangan. Pengalamannya melatih VfB Stuttgart selama semusim (1998-1999) dan timnas Kamerun selama empat musim (2001-2004, termasuk membawa Kamerun menuju Piala Dunia 2002), jelas jaminan mutu.

Tak heran jika FAT langsung memberikan target juara kepada pelatih 62 tahun tersebut. Terlebih, "The War Elephant" juga berstatus sebagai tuan rumah penyisihan Grup A yang berisikan Myanmar, Vietnam, dan Filipina.

Schaefer pun menyanggupi tantangan tersebut. Akan tetapi, belum apa-apa, Schaefer harus bertemu dengan kendala pertama terkait persiapan skuat. Pelatih berkebangsaan Jerman itu mengaku tak bisa total dalam mempersiapkan skuat lantaran kompetisi reguler Thailand (TPL) baru berakhir akhir pada Oktober lalu, serta final FA Cup dan The League Cup baru berlangsung 4 dan 10 November.

Adu kepentingan antara klub-timnas pun tak dapat dielakkan. Empat dari enam pemain asal klub Buriram United yang semula diplot masuk skuad bayangan tak memenuhi panggilan timnas. Sebuah ujian serius bagi Schaefer sebelum meladeni Filipina sebagai lawan pertama di Piala AFF 2012 pada 24 November 2012 mendatang.



Profil Team Piala AFF Lainya

0 komentar:

Post a Comment