Komputer Tercanggih 2012


Kumpulan Komputer-Komputer Tercanggih 2012
Teknologi
Tidak bisa disangkal lagi jika komputer telah mengubah gaya hidup manusia. Seperti 7 komputer tercanggih berikut ini.
Super komputer awalnya bukan seperti komputer pada umumnya. Super komputer dibuat untuk menghadapi banyak perhitungan rumit yang tak dapat dilakukan komputer biasa.
Dan ini adalah data komputer tercanggih versi Forbes, Jumat (28/9/2012).
Super komputer IBM Watson
Watson, nama panggilan dari komputer itu merupakan teman setia dokter untuk menyediakan data kanker terbaru, menciptakan diagnostik dan rencana pengobatan yang paling personal untuk pasien.
Tak mirip dengan superkomputer lain, Watson dapat memproses dan memahami bahasa dengan cukup baik. IBM mengatakan bahwa, dengan memori yang dimilikinya Watson mampu mengolah 500 GB informasi per detik. Ini adalah setara dengan 1 juta buku per detik.
Fiujitsu K
Fujitsu K adalah super komputer tercepat di dunia karena ia mampu melakukan perhitungan hingga quadrillion per detik, atau setara dengan 10 petaflops per detik.
Setiap unit CPU di dalamnya memiliki memori RAM sebesar 16 GB, dengan total keseluruhan mencapai 1.377 TeraByte. Fujitsu K membutuhkan tenaga sebesar 12 megawatt, atau setara dengan konsumsi listrik di 30 ribu rumah.
Selain mempunyai kemampuan menjadikan dunia farmasi lebih baik, super komputer ini juga bisa digunakan untuk mengembangkan sel surya yang dapat menciptakan energi yang lebih efektif.
The Tianhe-1A
Super komputer asal China The Tianhe-1A lah yang disebut super komputer yang paling cepat. The Tianhe-1A, mampu melakukan perhitungan hingga 2,51 petaflops tiap detiknya.
CNN mengatakankan bahwa mesin ini ditujukan untuk riset menemukan obat, badai dan pemodelan tsunami, penelitian kanker, desain mobil dan beberapa hal yang lain.
Jaguar
Amerika Serikat menciptakan superkomputer tercepat di dunia. Super komputer Jaguar yang terletak di Oak Ridge National Laboratory di Tennessee, sedang di-upgrade massal yang rencananya akan selesai pada akhir tahun 2012.
Jaguar akan berubah nama menjadi Titan dan mampu melakukan perhitungan 20 quadrillion per detik, atau sekitar dua kali lebih banyak seperti Fujitsu K. Jaguar ditujukan untuk mempelajari teknologi energi alternatif dan perubahan iklim.
Sierra
Super komputer Sierra dirawat oleh GE Global Research digunakan riset soal penggunaan bahan bakar berbasis injeksi. Super komputer ini bertujuan mempercepat pemahaman manusia tentang bahan bakar injeksi dan dapat menciptakan mesin yang hemat.
Superkomputer IBM Blue Gene

Rutgers University di New Jersey menciptakan pusat High-Performance Computing (HPC) dan didukung sebuah superkomputer IBM Blue Gene / P.
Seperti pihak pengelola katakan, super komputer ini dimanfaatkan dalam berbagai penelitian, termasuk kanker dan penelitian genetik, pencitraan medis dan informatika, proses manufaktur yang lebih maju, penelitian iklim dan lingkungan, serta ilmu material.
Super Komputer Jerman
Tim ahli dari Dusseldorf, Jerman memaksimalkan super komputer yang dikembangkan dari Control Data Corp (CDC) 6600 yang dikenalkan pada tahun 1965.
Super komputer direncanakan agar menjadi super komputer yang paling super di generasi mendatang. Karena perangkat super komputer ini mensimulasikan cara kerja otak manusia.
Namun sepertinya, masyarakat tidak akan dapat menikmati komputer ini hingga 12 tahun kedepan.

0 komentar:

Post a Comment