Kalah Dari Thailand Singapura Raih Trofi ke-4 Piala AFF

Kalah dari Thailand, Singapura Rebut Trofi ke-4 AFF - 0-1
22 Desember 2012

Kalah Dari Thailand Singapura Raih Trofi ke-4 Piala AFF
Para pemain Singapura merayakan kemenangan di Bangkok, Sabtu (22/12/2012), Singapura kalah 0-1 dari Thailand, namun masih unggul skor agregat 3-2. Dengan demikian, Singapura mencatatkan diri sebagai tim pertama yang meraih trofi keempat Piala AFF.

BANGKOK - Singapura sukses menorehkan gelar keempat Piala AFF meski di legkedua partai final Piala AFF 2012 takluk 0-1 dari Thailand di Stadion Supachalasai, Sabtu (22/12/2012). Gol semata wayang Thailand dicetak Kirati Keawsombut pada babak menit ke-45.

Dengan demikian, skuad asuhan pelatih Radojko Avramovic tersebut meraih juara dengan unggul agregat 3-2. Maklum saja karena pada leg pertama, Singapura berhasil mengalahkan Thailand 3-1. 

Thailand yang membutuhkan dua gol untuk memenangkan turnamen ini, langsung menekan Singapura pada menit-menit awal babak pertama. Akan tetapi, pertahanan tim tamu tampil sangat displin, sehingga membuat usaha Teerasil Dangda kerap sia-sia. 

Namun, pada injury time, Kirati Keawsombut berhasil membuat asa peluang juara Thailand terbuka lebar setelah berhasil mencetak gol pada menit ke-45. Gol tersebut ditorehkannya memanfaatkan umpan tendangan pojok Datsakorn Thonglao.

Selepas turun minum, Thailang terus melancarkan serangan bertubi-tubi ke pertahanan Singapura. Kirati kembali mendapatkan kesempatan pada menit ke-67, namun usahanya belum membuahkan hasil karena bola tendangannya hanya melayang tipis di atas mistar gawang. 

Pelatih Thailand, Winfried Schafer pun melakukan sejumlah pergantian untuk menambah daya gedor skuadnya. Tuan rumah mengubah pola dengan melakukan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti.

Pada menit-menit akhir Thailand mulai frustasi. Apalagi, Singapura tampil dengan semangat tinggi untuk menjaga gawangnya tidak kebobolan. Hingga wasit meniup peluit panjang, skor 1-0 untuk Thailand tidak berubah dan Singapura langsung berpesta karena keluar sebagai kampiun Piala AFF tahun ini. The Liones pun mencatatkan diri sebagai tim pertama yang memenangi empat trofi bergengsi turnamen Asia Tenggara tersebut.

Susunan Pemain
Thailand: 
1-Kawin Thamsatchanan, 2-Panupong Wongsa, 3-Theerathon Bunmathan, 4-Chonlatit Jantakam, 7-Datsakorn Thonglao (20-On-Mo Pipob 70), 9-Kirati Keawsombut (17-Apipu Suntornpanavej 79), 10-Teerasil Dangda, 12-Adul Lahso, 16-Jakkraphan Pornsai (22-Chanathip Songkrasin 75)

Singapura: 1-Mohamad Izwan, 3-Shaiful Esah Nain, 4-Isa Halim, 5-Baihakki Bin Khaizan, 8-Shahdan Bin Sulaiman (10-Fazrul Nawaz 77), 9-Aleksandar Duric, 15-Fahrudin Mustafic, 16-Daniel Bennett, 17-Mohammad Shahril Ishak, 19-Khairul Amri (11-Qiu Li 88), 21-Muhammad Safuwan

0 komentar:

Post a Comment