Bukan Empat Mata "Dayak kalimantan"

Bukan Empat Mata Tanggal 14 November 2012

BEM
  Tanggal 13 november 2012 di Trans7 menyiarkan tentang masyarakat Dayak di Kalimantan. Dalam siaran ini awalnya karena akan syuting film yg di bintangi oleh Julia Perez (jupe) film yg berjudul "Perawan Dayak".Jupe yang datang ke kalimatan di beri gelar "Nyai Intan Garindra" yang berarti Putri Yang Paling Bersinar.Gelar ini mendapat tetangan karena latar belakang jupe sebagai artis.

  Di BEM di hadiri juga oleh Amang pangkal lima kumbang Stepanus "pangkal Lima Kumbang". Kehadiran Amang ini cukup mengejutkan para pemirsa karena sekujur tubuh Amang ini di penuhi dengan tatto.Ada Lima unsur yg harus di penuhi oleh Pangkal lima kumbang, lima unsur itu yaitu : kepala, tangan, badan, kaki dan hati.
Juga ada hadir Ibu Pembungan dan bapa Pembawan Ingan dari Banjarmasin yg berbahasa dayak, dan Ibu Pembungan yg memakai anting yang lewer ke bawah, beliau adalah Generasi terakhir yg memakai tindik yg memanjang, dan ini sangat di sayangkan apabila budaya ini akan punah, kenapa beliau di bawa ke Jakarta agar semua masyarakat Indonesia tahu budaya Dayak yg hampir punah.

  Amang juga bermain dalam film yg di bintangi Jupe tersebut.Amang bermain sebagai ayah dari jupe, Film ini berkisah jupe sebagai anak dayak yg ingi mengadu ilmu di kota besar ,dan menginginkan agar daerahnya bisa maju seperti daerah lainynya.

  Penonton ada juga yang datang dari Banjarmasin yaitu dari UNISKA Banjarmasin.
Episode BEM ini di penuhi nuansa dayak karena jupe dan Amang memakai pakaian adat dayak, dan menyanyikan lagu "Ampar-Ampar Pisang" yang berasal dari kalimantan selatan Banjarmasin.


    Sekian khabar dari Skenda semoga bermanfaat sebagai pengetahuan dan semoga daerah Banjarmasin khususnya Dayak dapat di kenal di daerah lainya.

3 komentar:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Ya saya nonton acara itu kmaren malam. dan saya sangat senang dengan adanya acara 4 mata dengan tema" suku dayak KALIMANTAN ",apalagi menampilkan kebudayaan dayak,di samping itu saya senang Julia perez main film di kalimantan tengah sebagai gadis dayak ngaju, karena saya sendiri adalah suku dayak ngaju.
    dayak itu sangat menyambut welcome setiap siapapun yang datang ke tanah dayak terkecuali tdk welcome bagi yang melanggar prinsip yang bertentangan dengan norma2 adat dayak.i love and missing kalimantan.

    ReplyDelete
  3. kate akae eh we.....akam ji tempun blog ji si ngambu.....inganyangit eh hpander te....itah tuh sama uluh kalteng.....ngapek2 akae eh takuluk awen mun mucil.....by atak barito the head hunter from barito river

    ReplyDelete